Red Bull Menang Lagi
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 12 Juli 2009 22:01 WIB
TEMPO Interaktif, Nuerburgring - Tim Red Bull kembali menuai sukses dengan menempatkan dua pembalapnya di podium juara pada balapan di Sirkuit Nuerburgring, Jerman, Minggu (12/7). Mark Webber, pembalap asal Australia, menjadi yang tercepat setelah menyelesaikan lomba dengan catatan waktu satu jam 36 menit dan 43,310 detik untuk 60 putaran.

Ini adalah kemenangan pertama bagi Webber – yang mampu menang meski sempat terkena penalti di lap 12 -- setelah mengikuti 130 balapan Formula 1 sepanjang kariernya.

Rekan satu timnya, Sebastian Vettel, finis di urutan kedua dengan selisih 9,2 detik di belakang Webber. Ini adalah kemenangan kedua tim Red Bull secara berturut-turut setelah sebelumnya mereka sukses pada balapan di Sirkuit Silverstone, Inggris. Namun yang jadi juara saat itu adalah Vettel sedangkan Webber berada di posisi kedua.

Di Nuerburgring, Webber menjadi yang terbaik. Pembalap berusia 32 tahun yang selama ini terkenal pendiam itu langsung meluapkan kegembiraan dengan berteriak-teriak di radio begitu ia memasuki garis finis. “Mark Webber, kamu menang hari ini, kerja yang bagus,” balas bos Red Bull Christian Horner seusai Webber meluapkan kegembiraannya. “Hari ini sangat istimewa, saya sangat menginginkan kemenangan ini,” kata Webber.

Felipe Massa, pembalap Ferrari, finis pada urutan ketiga diikuti oleh pembalap tim Williams Nico Rosberg. Sedangkan Jenson Button lagi-lagi gagal mencapai podium juara dengan hanya finis di urutan kelima diikuti rekan satu timnya, Rubens Barrichello, di peringkat keenam.

Kemenangan tim Red Bull ini juga merupakan menyalakan tanda ancaman bagi tim Brawn yang sebelumnya mendominasi balapan Formula 1 musim ini. Bagi Brawn, ini adalah kekalahan cukup telak setelah balapan Silverstone saat Barrichello masih mampu menempati peringkat tiga.

Puncak klasemen pembalap saat ini masih dipegang oleh Button dengan perolehan 68 poin. Vettel masih punya peluang menggeser Button dari puncak klasemen karena nilainya hanya selisih 21 poin dan balapan masih menyisakan delapan seri. Sedangkan Webber berada di urutan ketiga klasemen dengan raihan poin 45,5.

Balapan yang berlangsung dalam cuaca berawan itu sempat diwarnai insiden benturan antara pembalap Force India Adrian Sutil dengan dengan pembalap Ferrari Kimi Raikkonen pada lap 29. Sutil yang baru saja keluar dari pit stop setelah mengganti bannya bersenggolan dengan Raikkonen saat hendak memasuki lintasan utama.

Akibat kecelakaan itu, bagian depan mobil Sutil rusak dan Raikkonen akhirnya gagal melanjutkan lomba. Pengawas lomba menyatakan akan menyelidiki insiden tersebut setelah balapan usai.

REUTERS | AUTOSPORT | GABRIEL WAHYU TITIYOGA

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi