Hyundai dan ITB Riset Pengembangan Fitur Perintah Suara Berbasis AI
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 17 Mei 2024 12:00 WIB
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) merilis varian terbaru Creta, yakni Alpha dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin 19 Februari 2024. Bagian interiornya menampilkan headline berkelir hitam. Kemudian, Creta Alpha juga hadir dengan Seat Stitch and Pipping, Door Trim Stitch, Shift Knob Stitch, dan Steering Stitch berwarna merah. Selain itu, terdapat Alpha Logo di bagian Door Stop Lamp, juga di bagian floor mat dan front seat yang dilengkapi embroidery spesial. TEMPO/Fardi Bestari
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengambangkan fitur perintah suara berbasis Artificial Intelligence (AI). Pada Rabu, 15 Mei 2024, tim dari ITB mengunjungi PT HMMI untuk melakukan riset mendalam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kami yakin lewat kolaborasi berkelanjutan bersama dunia pendidikan dan penelitian Indonesia seperti ini, teknologi serta aplikasi dari teknologi canggih Hyundai bisa mendapatkan formula fungsi terbaiknya," kata President Director PT HMMI Bong Kyu Lee dalam siaran pers yang diterima Gooto.

Penelitian bersama HMMI dan ITB ini sudah berjalan sejak 2023 dan akan terus berjalan hingga beberapa tahun ke depan. Riset ini bertujuan melakukan pengumpulan data penunjang fitur perintah suara, yang nantinya data ini akan dijadikan basis untuk fitur perintah suara interaktif yang canggih pada mobil-mobil Hyundai.

"Proyek pengenalan suara ini dikembangkan bukan hanya menggunakan teknologi terkini, tapi berkaitan dengan masyarakat Indonesia sebagai pengguna teknologi. Harapan kami, kerja sama ini bisa terus berlanjut," kata Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB Sugeng Joko Sarwono.

Tak hanya berkolaborasi dengan akademisi, HMMI juga secara berkelanjutan melakukan pelatihan bersama para pemasok lokal. Lewat program peningkatan kemampuan ini, para supplier dibina untuk meningkatkan kapabilitas penelitian dan pengembangan komponen hingga disertifikasi oleh prinsipal Hyundai untuk menciptakan desain komponen secara mandiri.

Pilihan Editor: Motor Listrik Cina Baru akan Masuk Indonesia, Merek Apa?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi