Yamaha MT-09 Temani Gus Paox Iben Jalani Misi Kebudayaan dari Borobudur ke Berlin
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 21 Mei 2024 17:00 WIB
Nunggang Roso Riding from Borobudur to Berlin menggunakan Yamaha MT-09. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali mendukung aktivitas positif terkait beragam bidang termasuk yang mengangkat kebudayaan bangsa Indonesia serta toleransi dan perdamaian. Berkendara motor dapat menjadi salah satu perwujudan atensi dan kepedulian guna menyebarkan pesan membangun, yang diimplimentasikan melalui bermacam kreativitas menarik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Peran serta Yamaha ditujukkan dalam bentuk kegiatan bertajuk “Nunggang Roso Riding From Borobudur to Berlin, Global Cultural Journey for Tolerance and Peace”.

Acara ini dimulai dengan pelepasan biker solo riding dari Borobudur ke Berlin yang digelar di area museum Sonobudoyo Yogyakarta, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2024.

Diselenggarakan oleh Daulat Budaya Nusantara bekerjasama dengan Yamaha, menampilkan pengendara tunggal Achmad Ibnu Wibowo atau yang dikenal dengan Gus Paox Iben. Dia mengendarai Yamaha MT-09 dimulai dari Borobudur membawa misi kebudayaan, perdamaian dan toleransi dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika menuju Berlin.

Perjalanan panjangnya akan melewati 18 negara mulai dari Indonesia menuju Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, India, Nepal, India, Pakistan, Uzbekistan, Turkmenistan, Iran, Turki, Bulgaria, Yunani, Italia, Prancis, Belgia, Belanda, Jerman.

Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebut keanekaragaman budaya tetap menyatukan bangsa Indonesia dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika. 

"Kami pun menyambut baik kerjasama dengan Daulat Budaya Nusantara melalui solo riding Gus Paox Iben bertemakan "Nunggang Roso Riding From Borobudur to Berlin, Global Cultural Journey for Tolerance and Peace”. Ini merupakan perpaduan yang sangat menarik karena dapat mendeskripsikan perjalanan jauh lintas negara memakai motor petualang Yamaha, yang membawa pengendara dengan misi memperkenalkan kebudayaan ke banyak negara," ungkap dia.

Kemeriahan acara pelepasan di Yogyakarta ditandai dengan kehadiran pihak PT YIMM dan bikers komunitas motor yang melakukan city touring menuju area Candi Borobudur. Dalam kesempatan ini, perwakilan Yamaha yaitu Antonius Widiantoro mengendarai Yamaha MT-07 yang diproduksi di Indonesia dan diekspor secara global ke berbagai negara di dunia.

"Temanya nunggang roso karena kendaraan ini alat dan yang terpenting adalah rasa, bayangkan ada di suatu negara yang sama-sama tidak mengenal bahasanya. Komunikasinya tentunya pake roso. Rasa persaudaraan yang harus dilipatgandakan dan dikampanyekan ke Indonesia dan seluruh dunia, dan Indonesia punya Bhinneka Tunggal Ika. Kenapa dari Borobudur ke Berlin, karena Borobudur adalah ikon Indonesia yang mengajarkan banyak hal. Dan Berlin simbol robohnya batas antara barat dan timur," tutur Gus Paox Iben.

Sebelum bertolak melewati rute menantang menuju Berlin, Gus Paox Iben akan melakukan touring domestik menggunakan Yamaha MT-09 di wilayah Indonesia terlebih dahulu, selama sebulan mulai 20 Mei-20 Juni 2024.

Sebagai informasi, Yamaha MT-09 mengusung mesin 3 silinder 120 crankshaft dilengkapi teknologi YCC-T Yamaha Chip Controlled Throttle; Unequal intake funnel; FS (Fracture split) connecting rod sehingga mampu menghasilkan torsi maksimal 87,5 Nm/8500 rpm yang menjadikan MT-09 sebagai “Master of Torque” di kelasnya dan power maksimal 84,6 kW/10.000 rpm.

Pilihan Editor: Ini Alasan Vespa 946 Dragon Limited Edition Tidak Kelihatan di Jalan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi