Cara Menggunakan Dempul pada Mobil agar Kembali Mulus
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 24 Mei 2024 16:00 WIB
Tukang cat pinggir jalan mendempul mobil yang lecet di kawasan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Sumber: Antara
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Dempul untuk mobil berperan sebagai bahan yang bisa memperbaiki ketidaksempurnaan atau kerusakan pada eksterior. Misalnya, ketidakrataan permukaan, penyok, goresan, hingga retakan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Umumnya, dempul berasal dari bahan sintetis dengan sifat mudah dibentuk dan dapat menyesuaikan dengan macam-macam tipe permukaan eksterior mobil.

Penggunaan dempul biasanya dilakukan dengan melapisi serta memoles area permukaan yang membutuhkannya. Permukaan yang sebelumnya bergelombang dan tidak rata akan lebih mulus serta lebih merata setelah diaplikasikan dempul.

Tidak hanya itu, dempul juga bisa menjadi dasar untuk proses repaint mobil. Pengecatan mobil pun lebih mudah berkat permukaan yang bebas hambatan. 

Namun pemakaian dempul tidak bisa dilakukan sembarangan, berikut langkah-langkah untuk menggunakannya agar mobil Kembali mulus dilansir dari Suzuki.co.id:

1. Membersihkan Permukaan

Bersihkan terlebih dahulu area yang harus Anda dempul dari berbagai kotoran dan debu. Anda bisa menggunakan zat atau larutan pembersih khusus agar pembersihan permukaan lebih efektif.

2. Mengampelas Permukaan Mobil

Selanjutnya, amplas terlebih dahulu permukaannya agar lebih rata. Tahap ini akan meningkatkan daya rekat dempul serta menjamin hasilnya lebih mulus. Pastikan kertas amplas yang Anda gunakan sesuai kerusakannya.

3. Mengaplikasikan Dempul

Aplikasikan dempul dengan mengoleskannya secara merata pada area yang rusak. Dapat menggunakan aplikator seperti spatula untuk memudahkan proses aplikasinya. Perhatikan agar dempul tidak berlebihan dan lebih rata.

4. Mengampelas Dempul

Jika dempul telah mengering, maka bisa mengampelas permukaannya sampai rata dan halus. Meskipun memakan waktu, langkah ini sangat penting agar hasil amplas maksimal dan sesuai harapan. 

5. Mengecat Permukaan

Apabila permukaan selesai mendapatkan dempul serta telah melalui pengampelasan, selesaikan prosesnya dengan mengecat permukaan tersebut. Bisa memilih cat sesuai warna asli permukaan mobil. Aplikasikan cat sesuai panduan yang tertera agar hasilnya memuaskan. 

Pilihan Editor: Rasanya Menjajal Tank 500, Mobil Hybrid GWM Seharga Rp 1,19 Miliar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi