Rasanya Menjajal Tank 500, Mobil Hybrid GWM Seharga Rp 1,19 Miliar
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 21 Mei 2024 17:30 WIB
GWM Tank 500 HEV. (Gooto/Rafif Rahedian)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Redaksi Gooto mendapat kesempatan untuk menjajal langsung Great Wall Motor (GWM) Tank 500 dalam beberapa waktu ini. Kami melakukan test drive mobil hybrid tersebut di jalanan perkotaan, tepatnya di wilayah Jabodetabek.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam sesi test drive ini, kami mencoba GWM Tank 500 dalam beberapa hari. Hari pertama, perjalanan dimulai dari wilayah Blok M, Jakarta Selatan, ke Bogor. Selama perjalanan, kami merasakan kenyamanan ketika berada di dalam kabin.

Kabinnya terbilang senyap, sehingga kami tak merasakan kebisingan dari luar. Bahkan ketika parkir di dekat mesin pembangkit listrik atau genset, kami tidak begitu terganggu. Ini menjadi salah satu keunggulan Tank 500 dalam memberikan kenyamanan bagi konsumennya.

Sebelum masuk ke kabin, kami juga cukup terkesan dengan fitur pijakan kaki yang muncul secara otomatis di bagian bawah ketika pintu mobil dibuka. Saat pintu ditutup, pijakan kaki itu juga kembali tertutup. Kursi kemudinya juga bergerak otomatis untuk mendekatkan pengendara dengan setir saat pintu ditutup, dan bergerak mundur saat membuka pintu.

Suasana interiornya pun cukup mewah, ditambah berbagai fitur canggih yang disematkan di dalam kabin. Mobil hybrid tersebut semakin terlihat elegan dengan adanya panoramic sunroof yang bisa dibuka-tutup.

Fitur kenyamanan Tank 500 HEV juga dapat dirasakan melalui head unit yang cukup canggih. Pengemudi atau penumpang dapat mengeksplorasi mobil melalui head unit, di mana mereka bisa mengetahui informasi kendaraan.

Head unit ini juga menampilkan kamera 360 derajat untuk mempermudah pandangan pengendara di aera blind spot. Peringatan suara juga akan muncul jika ada objek yang mendekati atau didekati mobil, sehingga pengemudi bisa lebih mengantisipasi dalam hal pengereman.

Sedangkan pada panel instrumennya, pengemudi juga akan mendapatkan peringatan terkait keselamatan berkendara. Komponen tersebut bakal memberikan peringatan ketika mobil keluar dari jalur. Selain itu, panel instrumen juga memberikan gambaran terkait kendaraan yang ada di jalan.

Pengalaman Berkendara GWM Tank 500 HEV

Pada hari kedua, Gooto melakukan perjalanan dari Bogor ke BSD, Tangerang. Selama perjalanan, kami sempat berhenti di beberapa tempat untuk mengeksplorasi mobil. Dalam kesempatan ini, kami hanya mencoba dua mode berkendara, yaknk Eco dan Sport.

Saat menggunakan mode Sport, kami merasakan hentakan yang cukup baik saat menginjak pedal untuk pertama kali. Sedangkan saat memakai mode Eco, hentakan itu tidak begitu terasa. Karena mode ini mengutamakan gaya berkendara yang irit bahan bakar.

Terlepas dari mode-mode yang kami gunakan, mobil hybrid GWM ini cukup nyaman dan bertenaga saat dikendarai. Kami terlihat gagah saat menunggangi Tank 500 HEV di jalanan perkotaan. 

Handlingnya terbilang enak saat meliak-luik di jalanan rata. Ketika melewati medan atau jalanan yang tidak rata, kami juga tak merasakan getaran yang begitu berarti. Dengan kata lain, suspensinya cukup nyaman dan empuk.

Saat dibawa ngebut, GWM Tank 500 HEV juga tak kalah cepat. Dengan mesin 2.0 L, mobil ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 241 hp dan torsi 380 Nm. Sedangkan penggerak listriknya mencapai 105 hp dan torsi penggerak listriknya hingga 268 Nm.

Menariknya, kami tetap merasa nyaman saat mobil hybrid ini dibawa ngebut lebih dari 100 km/jam di jalanan lurus. Dengan kata lain, kekedapan mobil ini cukup baik dan tidak limbung saat diajak lari dengan kecepatan tinggi.

Sayangnya, kami tidak menjajal Tank 500 di jalanan menantang atau off-road. Padahal mobil hybrid GWM ini juga cocok untuk medan tersebut. Mengingat, GWM Tank 500 HEV dibekali sistem 4L yang dapat diandalkan saat melibas jalan bebatuan, kasar, lumpur, hingga medan yang berat.

Sekedar informasi tambahan, GWM Tank 500 HEV dipasarkan di Indonesia dengan harga sebesar Rp 1,196 miliar. Dengan banderol tersebut, apakah kalian berminat memilikinya?

Pilihan Editor: Mobil Listrik Xiaomi SU7 Laris Manis di Cina, Bakal Masuk Indonesia?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi