GWM Tank 500 Raih Lima Bintang Uji Keselamatan dari ANCAP
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 27 Mei 2024 18:00 WIB
GWM Tank 500 HEV. (Foto: Gooto/Kusnadi Chahyono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Great Wall Motor (GWM) meraih predikat keselamatan lima bintang dari badan Australasian New Car Assestment Program (ANCAP).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

SUV ini sebelumnya telah mendapatkan pengujian berdasarkan protokol untuk tahun 2023-2025 terbaru dari lembaga tersebut. Mobil ini dipuji karena memiliki sejumlah sistem yang canggih, salah satunya ialah child-detection.

Dilansir dari Drive, ANCAP memberi nilai 93 persen dalam kategori perlindungan penghuni anak berdasarkan kecanggihan dari fungsi sistem child presence detection (CPD), yang dianjurkan melalui protokol oleh badan tersebut sejak tahun 2023.

Selain itu, sistem yang dipasang pada Tank 500 menggunakan serangkaian sensor di dalam kendaraan yang dapat mendeteksi gerakan fisik dan pernapasan, serta keberadaan seorang anak yang mungkin tertinggal di dalam kendaraan setelah kendaraan dikunci.

Jika ada gerakan yang terdeteksi, kendaraan akan membunyikan klakson dan mengeluarkan notifikasi ponsel dan email untuk mengingatkan pengemudi.

“Sistem CPD yang dipasang pada GWM Tank 500 merupakan salah satu sistem paling canggih yang dinilai oleh ANCAP sejauh ini, dan sangat menggembirakan melihat produsen menerapkan teknologi yang berpotensi menyelamatkan nyawa ini,” kata ANCAP Chief Executive Officer Carla Hoorweg.

Tank 500 juga berhasil mengantongi nilai tertinggi dalam sejumlah uji tabrakan destruktif dan poin maksimum yang diberikan untuk tingkat perlindungan penumpang dewasa serta anak dalam uji benturan samping.

Dalam pengujian menghindari tabrakan, Tank 500 juga mendapat nilai yang baik berkat teknologi autonomous emergency braking (AEB) dan sistem pendukung yang dinilai tinggi oleh ANCAP. Namun, ada beberapa catatan agar sistem keselamatan berjalan optimal. Sistem AEB kurang efektif saat berada di skenario perjalanan lurus maupun perubahan jalur.

Otoritas keselamatan dari Australia ini juga mencatat bahwa baris ketiga tidak dilengkapi Top Tether yang dapat mengakomodir penggunaan kursi mobil untuk anak.

Pilihan Editor: India Bakal Jadi Negara Pertama di Luar Inggris yang Memproduksi Range Rover Sport

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi