Proton Exora, MPV Medium Berharga di Bawah Rp 210 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 15 Juli 2009 19:38 WIB
Tempo/Arnold Simanjuntak
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pabrikan otomotif asal negeri jiran Malaysia, Proton, akhirnya meluncurkan produk terbarunya, Multi Purpose Vehicle (MPV) Proton Exora di pasar Indonesia. Mobil ini akan diluncurkan secara resmi pada 24 Juli mendatang di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009.

MPV bermesin 1.6L Campro CPS empat silinder DOHC 16V itu dihadirkan dalam dua varian. Pertama, medium line yang terdiri dari Executive 1.6 MT atau transmisi manual dan Executive 1.6 AT atau transmisi otomatis. Varian kedua supreme line, yaitu Supreme 1.6 AT.

"Kami memberikan harga yang terbaik. Harganya di bawah Rp 210 juta. Harga resminya baru akan kami rilis pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009 tanggal 24 Juli nanti," ujar Ricky H. K. Too, Presiden Direktur PT Proton Edar Indonesia (PEI), Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Proton di Indonesia pada acara Media Preview Proton Exora di Jakarta, Rabu (15/7).

Kendati harga yang dipatok di pasar Indonesia di bawah harga untuk pasaran Malaysia, yaitu Rp 240 juta, Ricky menjamin tak ada penurunan spek pada Proton Exora. "Semuanya sama persis, tidak ada penurunan," aku Ricky.

MPV berdimensi 4.592 mm x 1.809mm x 1.691 mm ini mampu mencapai tenaga maksimum 125 daya kuda pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 150 Nm pada 4.500 rpm. Sejumlah fitur pun disediakan di mobil yang diklaim telah dipesan 16 ribu unit di pasar Malaysia itu.

Di antara fitur tersebut, adalah dual airbag dengan seatbelt pre-tensioner, Antilocking Brake System-ABD, immobilizer, central lock door, alarm system and keyless remote entry, reverse sensor, auto cruise, dan leather seat.

Fitur lainnya adalah 10 tempat menyimpan gelas atau botol sehingga sangat membantu jika melakukan perjalanan jauh atau saat piknik. Sementara pada varian Supreme juga dilengkapi DVD player, sistem navigasi, dan konektivitas bluetooth.

Proton Exora memiliki tujuh tempat duduk dengan konfigurasi tempat duduk tipikal tiga baris, yaitu 2-3-2. Mobil ini mampu memuat tujuh orang dewasa. "Coba Anda duduk di bangku belakang, selain bangku kedua dengan lutut masih ada tidak sempit," sebut Ricky berpromosi.

Menurut Ricky, kini ada lima pilihan warna Proton Exora, yaitu Blue Haze, Gaia Blue, Genetic Silver, Solid White, dan Tranquility Black. "Jadi sesuai dengan tagline Exora yaitu 'The Amazing New MPV, selain memberikan harga yang kompetitif, kami juga memberi fitur kenyamanan dan keamanan," tandas Ricky.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi