Kemenhub Gandeng Swasta untuk Operasikan Kendaraan Listrik di IKN
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 30 Mei 2024 15:00 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau langsung progres pembangunan Kantor Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Jumat, 1 Maret 2024. Kantor Presiden baru ini diharapkan menjadi ikon Ibu Kota Nusantara, terutama dengan adanya burung Garuda yang menjadi simbol infrastruktur di tengah Kota Nusantara. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggandeng perusahaan swasta untuk pengoperasian kendaraan listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pemerintah dan perusahaan swasta telah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung untuk kendaraan listrik agar bisa digunakan masyarakat di sana.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kami memperbarui kendaraan listrik atau EV (Electric Vehicle) di IKN bersama beberapa swasta. Ada untuk komersial, ada juga untuk leasing, atau digunakan secara sesaat," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam acara peresmian ITS Asia Pacific Forum 2024, dikutip dari Antara hari ini, Kamis, 30 Mei 2024.

Salah satu perusahaan swasta yang telah berkomitmen untuk mengoperasikan kendaraan listrik di IKN adalah PT Blue Bird Group Tbk. Perusahaan transportasi berlogo burung biru ini akan menghadirkan layanan transportasi publik ramah lingkungan di kawasan ibu kota baru itu.

Selain itu, Budi mengatakan bahwa ada sejumlah perusahaan luar negeri yang meminta untuk menyediakan kendaraan ramah lingkungan di IKN. Dengan kolaborasi ini, diharapkan visi IKN sebagai pionir kota berbasis transportasi cerdas di Indonesia.

"EV tidak hanya didukung oleh pemerintah atau instansi yang mengadakan, tetapi swasta juga ikut mendukung pelaksanaannya ke depan," ujarnya.

Budi menuturkan bahwa uji coba kendaraan listrik di IKN akan dilakukan mulai Agustus 2024. Jika uji coba selesai, pemerintah akan secara bertahap memperluas fasilitas dan layanan kendaraan listrik di IKN. "Kami harapkan, Agustus itu uji coba," jelas dia.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menjadwalkan penerapan penggunaan kendaraan listrik sepenuhnya di kawasan IKN pada 2045. Penerapan ini akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan wilayah-wilayah yang sudah terbangun.

Pilihan Editor: Bikin SIM Sekarang Tak Bisa Lewat Calo, Wajib Ikut Ujian Praktik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi