Jangan Panik, Begini Solusi Motor Matic Tidak Bisa Distarter
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 5 Juni 2024 11:00 WIB
Motor Suzuki Address. (Foto: Suzuki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pernahkah pengendara terjebak di situasi di mana motor matic tiba-tiba mogok dan tidak bisa distarter? Jangan panik! Kejadian ini memang menyebalkan, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari Suzuki.co.id terdapat panduan untuk pemilik motor yang sedang menghadapi masalah starter pada motor matic.

Sebelum memilih langsung membongkar komponen motor matic, ada baiknya lakukan diagnosis awal untuk mengetahui sumber masalahnya. Perhatikan gejala yang muncul saat motor matic Anda tidak bisa starter. Informasi ini akan membantu Anda untuk menentukan langkah perbaikan yang tepat.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah starter pada motor matic:

1. Memeriksa Aki

Periksa kondisi aki menggunakan multimeter untuk mengetahui tegangannya. Aki yang sehat biasanya memiliki tegangan di atas 12 volt. Terdapat juga bisa membersihkan terminal aki dari kotoran dan korosi untuk memastikan koneksi yang baik. Jika aki tekor, coba gunakan jump starter untuk menyalakan motor matic.

2. Starter Motor

Secara visual, periksa kondisi kabel dan terminal starter motor untuk memastikan tidak ada kerusakan. Anda juga bisa mencoba mengetuk perlahan bagian starter motor menggunakan benda padat. Namun, untuk perbaikan yang lebih akurat, sebaiknya bawa motor matic Anda ke bengkel untuk pengecekan menggunakan alat khusus.

3. Sistem Pengapian

Lepas dan periksa kondisi busi. Adapun busi yang kotor, aus, atau basah bisa menyebabkan masalah starter. Bersihkan atau ganti busi jika diperlukan. 

Namun perlu dicatata untuk pengecekan koil pengapian dan kabel busi, disarankan untuk dibawa ke bengkel agar ditangani oleh mekanik yang berpengalaman.

4. Sistem Bahan Bakar

Jika motor matic Anda tetap sulit starter, periksa filter bensin. Filter bensin yang tersumbat bisa menghambat aliran bahan bakar. Ganti filter bensin secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Pilihan Editor: 4 Tips Merawat Tangki Motor Biar Tak Korosi dan Bocor

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi