Takanobu Ito Pimpin Honda Motor Company
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 21 Juli 2009 21:21 WIB
Honda Motor Co., Ltd. menunjuk Takanobu Ito sebagai President Director & Chief Executive Officer dari Honda Motor yang ke-7 menggantikan Takeo Fukui. (Dok. Honda Prospect Motor)
TEMPO Interaktif, Tokyo - Sejak Juni 2009, Honda Motor Co., Ltd. (Honda Motor) punya pimpinan baru. Takanobu Ito, yang sebelumnya menjabat sebagai Senior Manager Direktur, ditunjuk sebagai President Director & Chief Executive Officer dari Honda Motor yang ke-7. Takanobu Ito menggantikan posisi Takeo Fukui yang kini menjabat Direktur dan Penasehat Honda Motor.

Takanobu Ito sudah bergabung dengan Honda sejak 1978. Ia memulai kariernya di penelitian mobil dan pengembangan operasional, terutama sebagai teknisi pada area desain chasis (kerangka mobil). Ito bertanggung jawab dalam pengembangan struktur all-aluminum uni-body frame untuk mid-engine NSX sports car yang dijual pada tahun 1990. Ito juga bertanggung jawab dalam pengembangan serangkaian sedan compact untuk pasar Jepang pada awal tahun 1990-an.

Beberapa jabatan penting pernah dipegang pria kelahiran 29 Agustus 1953 ini. Antara lain Executive Vice President dari Honda R&D Americas, Inc., (April 1998-Maret 2000) dimana ia ikut mengembangkan Acura MDX yang mulai dijual di Amerika Serikat pada Oktober 2000.

Ia juga pernah menjabat Board of Directors dari Honda Motor dan Managing Director Honda R&D Co., Ltd. (Juni 2000), Presiden dan Direktur Honda R&D (Juni 2003), General Manager pabrik Honda Suzuka (April 2005), CEO dari operasional otomobil dan Senior Managing Director Honda Motor (Juni 2007), dan Presiden dan Direktur Honda R&D (April 2009).

Takeo Fukui, yang digantikan oleh Ito, menjabat President & CEO Honda Motor sejak Juni 2003. Selama 6 tahun dibawah kepemimpinan Fukui, Honda aktif berkembang di dunia industri, terutama dengan pendirian pabrik mobil di Indiana, Amerika Serikat dan keputusan untuk membangun dua fasilitas industri--pabrik Yorii dan Ogawa--di Saitama, Jepang.

Fukui juga melakukan pengembangan produksi mesin pesawat jet dan bisnis pesawat udara, serta bisnis solar cell. Di bawah kepemimpinan Fukui, Honda Motor terus menunjukkan komitmen untuk menjadi yang terdepan dalam upaya mengurangi emisi CO2 melalui teknologi dan inovasi produk. 

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Honda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi