Sebelum Diluncurkan, Foton XLC Telah Dipesan 100 Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 24 Juli 2009 16:42 WIB
Dok: Situs tokootomotif.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Meski baru diluncurkan pada hari pertama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009, varian Multi Purpose Vehicle (MPV) produksi Foton, pabrikan otomotif asal Cina, Foton View Xtra Large Cabin (XLC), telah dipesan 100 unit oleh beberapa perusahaan.

"Kami memang baru meluncurkan hari ini (Jumat, 24/7). Namun sebelumnya sudah ada pemesanan 100 unit oleh perusahaan untuk angkutan para karyawannya, serta perusahaan jasa transportasi atau biro travel," tutur Frans C Harsono, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Foton Mobilindo, Agen Tunggal Pemegang Merek Foton di Indonesia, di sela acara peluncuran Foton View XLC, di Jakarta International Expo, Jumat (24/7).

Frans menyebutkan, pihaknya memang menyasar segmen korporat. Sebab, selain karakteristik efisien bahan bakar, kabin yang lega dengan kapasitas angkut besar, MPV juga memiliki performa mesin yang tangguh. Semua karakter itu, sebut Frans, merupakan kriteria yang diinginkan perusahaan sesuai dengan prinsip bisnis mereka yang menekankan aspek efisiensi.

MPV bermesin turbo diesel 2.800 cc dan memiliki body monocoque itu, memiliki panjang 5.385 milimeter (mm), lebar 1.690 mm, serta tinggi 2.050 mm. Dengan kata lain, mobil ini merupakan MPV terpanjang di kelasnya.

Tak hanya itu, konfigurasi tempat duduk MPV yang dihadirkan dalam tiga tipe ini, memungkinkan mengangkut penumpang dalam jumlah besar. Tipe Travel misalnya, berkonfigurasi tempat duduk 12 + 2 orang dewasa. Sementara tipe Family memiliki konfigurasi 7+2 yaitu tujuh sofa eksekutif penumpang dan dua kursi di depan (pengemudi).

Sedangkan konfigurasi tempat duduk tipe Eksekutif, 5 +2, yaitu lima tempat duduk untuk penumpang yang dapat diputar saling berhadapan, serta dua tempat duduk di bagian depan (pengemudi).

"Dengan konfigurasi tempat duduk ini saja, bisa dilihat tingkat keuntungan secara eknomis bagi perusahaan travel," terang Frans.

Sejak diluncurkan pada Juli 2009 hingga Juli 2010 mendatang, PT Foton Mobilindo menargetkan penjualan sebanyak 1.000 unit. Ihwal harga, Frans menyebut, untuk tipe Travel dibanderol Rp 225 juta, tipe Family Rp 235 juta, dan tipe Eksekutif Rp 245 juta. Semua harga on the road.

ARIF ARIANTO

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi