Exora Supreme, Produk MPV Proton Paling Laku di IIMS  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 30 Juli 2009 16:31 WIB
Tempo/Arnold Simanjuntak

TEMPO Interaktif, Jakarta - Sampai hari keenam penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009 yang berlangsung di Jakarta International Expo, Kamis (30/7) siang, mobil Multi Purpose Vehicle keluaran Proton Motor Malaysia, terjual 75 unit. Dari jumlah itu, 43 unit di antaranya adalah tipe tertinggi yaitu Proton Exora Supreme transmisi otomatis.

"Kami juga tidak menduga justru tipe yang tertinggi di varian MPV Proton ini yang banyak diminati pengunjung. Tentu menjadi kebanggaan kami, di saat ekonomi dunia yang disebut-sebut tengah lesu, tetapi produk kami banyak diminati konsumen," tutur Prisilla Ferris, Kepala Komunikasi Perusahaan PT Proton Edar Indonesia, kepada Tempo di Jakarta, Kamis (30/7).

Prisilla menyebutkan penambahan jumlah penjualan pada hari keenam penyelenggaraan hajatan pameran otomotif terbesar di tanah air itu, merupakan yang paling tinggi dibanding hari-hari sebelumnya.

"Biasanya tidak sebesar ini. Karena pameran ini kan buka jam 10.00 WIB. Tetapi setelah waktu makan siang, hingga jam 14.30 WIB, penjualan mencapai 11 unit. Dan paling banyak tipe Supreme," jelas dia.

Tipe lainnya MPV dari trah Proton yang juga banyak diminati pengunjung adalah Proton Executive transmisi otomatis. Tipe ini terjual 22 unit hingga hari Kamis (30/7) ini. Tipe ini dibanderol Rp 185 juta on the road. Sementara harga untuk tipe Supreme transmisi otomatis dipatok Rp 208 juta on the road

Lantas apa yang membuat pengunjung kepincut dengan MPV yang diluncurkan pada Jumat (24/7) lalu itu? "Tentu yang pertama mesin dan kelengkapan fitur, teknologinya tidak kalah dengan produksi perusahaan lain. Kedua, harganya juga terjangkau. Memang, selama ini orang kan melihat merek," ujar Huzaini Amril Nasution, warga Tebet Barat, Jakarta Selatan, kepada Tempo di area test drive di depan Hall A.

Secara umum MPV bermesin 1.600 cc CamPro CPS 4 silinder DOHC 16 valve itu dibekali sejumlah fitur yang menunjang keamanan dan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya. Sementara pada tipe Supreme atau tipe tertinggi dilengkapi GPS serta DVD Movie.

Sementara soal pengiriman mobil, Prisilla mengatakan akan dilakukan mulai Agustus hingga September mendatang. "Kami usahakan sebisa mungkin untuk tepat waktu, meskipun jumlah indent sebelum pameran ini juga cukup banyak," tandas Prisilla.

Sebelumnya, Dato Haji Syed Zainal Abidin, Managing Director Proton Holdings Berhad Malaysia, saat memberi sambutan peluncuran secara resmi, di JIExpo, Jumat (24/7) mengatakan, sambutan masyarakat terhadap produknya cukup baik. Hal itu terbukti dari jumlah pemesanan yang melampaui jumlah yang disediakan. 

"Ready stock Exora yang disediakan Proton sebanyak 250 unit. Tetapi hingga saat ini sudah 600 unit yang inden sejak soft launching (15 Juli lalu). Kita berharap sampai akhir tahun keuangan bisa terjual lebih dari 1.300 unit," tutur Dato Syed Zainal.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi