Malaysia dan Air Asia Bikin Tim F1 di 2010  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 16 September 2009 11:22 WIB
Lotus car

LotusTEMPO Interaktif, Putrajaya -  Malaysia mencatatkan sejarah. Mereka akan meramaikan ajang balap mobil formula satu (F1) pada musim 2010 nanti. Malaysia akan tampil dengan tim Lotus dibawah bendera perusahaan 1Malaysia F1 Team Sdn Bhd. Perusahaan ini sahamnya dimiliki bersama oleh pemerintah Malaysia dengan Air Asia. Demikian diumumkan Perdana Menteri Malaysia, Najib Rajak, Selasa (15/9) didampingi bos AirAsia, Tony Fernandes di Putrajaya, Malaysia.

Lotus menjadi tim ke-13 atau pendatang baru keempat yang akan meramaikan Formula 1 musim depan. Fernandes akan bertindak sebagai pemegang principal tim Lotus. Untuk urusan teknik, Lotus menunjuk  Mike Gascoyne  sebagai Direktur Teknik. Gascoyne adalah pemain kawakan. Dia pernah menjadi direktur teknik untuk tim-tim Toyota, Renault, Force India, serta tim Jordan.

Sebenarnya Lotus bukan tim yang benar-benar baru di ajang F1. Tim asal Norfolk, Inggris, itu pernah mengikuti perlombaan F1 sejak 1958 hingga 1994. Lotus bahkan pernah meraih gelar juara konstruktor sebanyak tujuh kali dan mengantar pembalap mereka menjadi juara dunia F1 sebanyak enam kali. Sejumlah pembalap kondang pernah bersama tim ini, antara lain Ayrton Senna, Nelson Piquet, dan Mika Hakkinen.

Pemerintah Malaysia tertarik mendukung  Lotus kembali ke ajang F1 karena bisa dijadikan untuk promosi perusahaan mobil Malaysia Proton, yang memiliki saham di perusahaan mobil Lotus.

"Tim Lotus bakal menjadi tim yang sepenuhnya Malaysia . Mobil balap didesain di Sepang, dikerjakan di Sepang, diuji coba di Sepang, dan mobil itu adalah buatan Malaysia. Bahkan tim pit-stop terdiri dari orang Malaysia," kata Najib.

Reuters

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi