Renault Menelan Sanksi Tanpa Protes  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 21 September 2009 21:54 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Tim Formula 1 Renault dijatuhi hukuman dua tahun larangan tampil di ajang balap mobil yang dikotori oleh manipulasi itu, oleh badan penyelenggaranya Federasi Olahraga Otomotif Internasional hari Senin.

Tim Renault, seperti yang mereka ungkapkan sebelum hukuman itu diumumkan tidak mengajukan keberatan dan hanya mengatakan "kami minta maaf sebesar-besarnya pada komunitas F1 sehubungan dengan perilaku yang tidak dapat diterima ini."

Bos tim Flavio Briatore dilarang hadir dalam kegiatan FIA yang ditetapkan oleh badan penyelenggara tanpa batas waktu sedangkan direktur teknik Pat Symonds dilarang berpartisipasi selama lima tahun.

Dua pembalap renault Nelson Piquet Jr (yang mematuhi instruksi berbuat curang) dan Fernando Alonso (yang diuntungkan akibat manipulasi tim) lolos dari sanksi.

Peristiwa itu terjadi pada seri balapan Singapura musim kompetisi 2008 ketika Piquet Jr diperintahkan menabrakkan mobilnya agar pembalap utama Fernando Alonso tetap menajdi juara.

Peristiwa semacam itu pernah terjadi di Austria tahun 2002 atas Rubens Barrichello, pembalap Brazil yang saat itu tergabung dengan Ferrari. Ia disuruh mengalah agar Michael Schumacher, sang juara dunia 7 kali, finish pertama dengan cara diketahui penonton dan kemudian mengundang caci maki penggemar Formula 1.

BBC | RONALD

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi