Ecclestone Optimistis Massa Akan Saingi Alonso di Ferrari  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 1 Oktober 2009 11:35 WIB

TEMPO Interaktif, Suzuka:Pembalap Brasil, Felipe Massa tidak perlu khawatir dengan kedatangan Fernando Alonso di Ferrari. Pernyataan itu dilontarkan supremo Formula Satu, Bernie Ecclestone.

“Jika Felipe Massa mampu berkompetisi dengan Kimi Raikkonen, ia juga harus bisa meladeni kompetisi dengan Fernando. Keduanya mempunyai tipikal membalap yang sama bukan? Saya pikir Massa tidak akan mendapat masalah,” kata Ecclestone, Kamis (1/10).

Ecclestone menganggap kedatangan Alonso akan membawa hal yang baik bagi masa depan F1. “Ini bagus. Bagus buat Fernando, bagus buat Formula Satu, bagus buat Ferrari,” tambahnya.

Ferrari menyatakan rahasianya secara terbuka ketika mengumumkan Alonso, juara dunia F1 dua kali telah menekan kontrak tiga tahun dan akan bergabung dengan Massa pada 2010. Pembalap spanyol itu akan menggantikan posisi Raikkonen, yang kontraknya akan habis setahun lebih awal dengan kesepakatan bersama.

Massa telah absen berlomba sejak mengalami kecelakaan serius di Grand Prix Hungaria Juli lalu. Namun, setelah menjalani serangkaian operasi tubuhnya menunjukkan pemulihan yang cepat. Ia harus merelakan gelar juara dunia setelah tercecer satu ppoin dari pembalap McLaren Mercedes, Lewis Hamilton musim lalu.

Beberapa komentator F1 memprediksi Raikkonen akan mengurangi peran Massa di Ferrari menjadi pembalap kedua ketika The Finn bergabung dengan Ferrari dari McLaren pada 2007. Namun, ia mampu berkompetisi dengan Raikkonen, bahkan jauh lebih baik tahun lalu.

Massa, sohib juara tujuh kali F1, Michael schumacher dan kini dibawah asuhan anak mantan bos Ferrari Jean Todt, juga berhubungan dekat dengan Presiden Ferrari Luca di Montezemolo dan menjadi pembalap yang disegani di tim.

Kepindahan ke McLaren

Di lain pihak, Ecclestone ragu jika Alonso akan sukses setelah bergabung dengan Ferrari. Menurutnya, nama besar Schumacher masih terpatri dalam sejarah tim yang ditegaskannya ketika mengalahkan rekan setimnya Rubens Barrichello ketika keduanya masih bergabung di tim Kuda Jingkrak.

“Tidak, tidak mungkin. Alonso bisa saja berusaha keras namunsaya pikir ia tidak akan sukses di Ferrari,” ketusnya.

Ecclestone optimistis Raikkonen akan berakhir tampil di ajang jet darat musim depan. Ia menyatakan The Finn akan kembali bergabung dengan tim lamanya McLaren, bergabung dengan Hamilton.

“Saya pikir ia akan mendapatkan mobil yang bagis. Akan senang rasanya bisa melihatnya bergabung dengan McLaren,” jelasnya.

Ecclestone beranggapan ada masalah budaya yang membuat hubungan antara Raikkonen dengan Massa yang tidak akur. “Budaya yang berlainan. Raikkonen lebih baik bergabung dengan tim non Inggris,” bebernya.

REUTERS | BAGUS WIJANARKO

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi