Kimi Raikkonen Pertimbangkan Pensiun
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 2 Oktober 2009 11:28 WIB
TEMPO Interaktif,Suzuka:Pembalap Finlandia, Kimi Raikkonen memberi isyarat akan mundur dari Formula Satu setelah posisinya di Ferrari digusur pembalap Spanyol Fernando Alonso.

“Sejauh ini saya belum memutuskan apa yang akan saya lakukan. Saya akan memberitahukan kepada Anda ketika itu terjadi,” aku Raikkonen yang akan meninggalkan Ferrari tahun depan, Jumat (2/10).

Raikkonen mengaku saat ini masih akan berkonsentrasi membalap dengan Ferrari. Ia mengungkapkan peluangnya untuk berlaga di ajang jet darat tahun depan 50/50. 

“Kontrak saya telah berakhir dengan Ferrari tahun depan itu merubah segalanya. Mungkin saya akan masih tampil di F1, mungkin juga tidak,” tegasnya.

Ferrarri pada Rabu (30/9), menyatakan bahwa juara dunia dua kali F1 Fernando Alonso akan bergabung dengan tim musim depan diikuti kepergian Raikkonen, meskipun kontraknya baru akan berakhir ketika itu.

Raikkonen mengaku isu uang berada di balik kepergiannya dari tim Kuda jingkrak, di mana kedatangan Bank Santander sebagai sponsor baru tim mempengaruhi keputusan siapa figur yang akan menjadi pembalap tim musim depan.

“Anda bisa menanyakan kepada Ferrari maupun Santander. Namun di F1 bahkan jika anda mempunyai kontrak ketika jumlah uang banyak yang dilibatkan bisa membuat menjadi opsi lain. Dan itu yang terjadi,” bebernya.

“Bukan hanya ada satu alasan di balik seluruhnya.”

Masa depan Raikkonen digadang-gadang masih cerah meski harus meninnggalan Ferrari. The Finn, santer akan kembal bergabung dengan tim lamanya, McLaren Mercedes.

Itu ditegaskan Rikkonen yang mengaku terus membina hubungan baik dengan mantan timnya, yang masih ditemani pembalap keduanya asal Finlandia, Heikki Kovalainen. Ia mengaku kemungkinan untuk bekerja sama dengan Lewis Hamilton terbuka lebar.

“Jika saya memutuskan untuk bertahan di F1, saya tidak akan bergabung dengan tim kecil di aman saya tidak akan bisa bertarung menjadi juara,” paparnya.

Raikkonen menambahkan telah memetik segalanya dari dunia jet darat. “Jika saya terus berlomba jelas saya akan bertarung memperebutkan kemenangan dan gelar juara,” tambahnya.

Salah satu opsi bagi Raikkonen untuk melanjutkan kariernya adalah bergabung di WRC. “Ada peluang untuk melakukan hal itu. Namun peluang bagi saya untuk terus bertahan di F1 juga terbuka lebar. Saya akan memutuskan sebelum dimulainya laga F1 tahun depan, pasti,” tutupnya.

REUTERS | BAGUS WIJANARKO

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi