Dihukum Penalti Grid, Peluang Button Juara Menyusut
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 4 Oktober 2009 11:21 WIB
TEMPO Interaktif,Suzuka:Harapan pembalap Inggris, Jenson Button untuk menjadi juara dunia Formula Satu musim ini di Grandd Prix Jepang menyusut setelah pengawas lomba menghukum lima tempat penalti pemimpin klasemen sementara pembalap. 

Button, adalah salah satu dari lima pembalap Inggris, termasuk rekannya di Brawn GP dan rival terberat juara dunia, Ruben Barrichello, yang mendapat penalti lantaran memacu mobilnya terlalu kencang pada sesi kualifikasi, meski penyelenggara telah mengibarkan bendera kuning, ketika terjadi tabrakan yang melibatkan pembalap Toyota, Timo Glock yang menabrakkan moilnya ke ban pembatas di Sirkuit Suzuka.

Button bisa menjadi juara dunia musim ini , dengan sisa dua race (GP Brasil dan Abu Dhabi), jika mampu mencetak lima poin lebih dari rekannya Barrichello. Peluang itu kecil terjadi setelah pengawas lomba memberikan penalti.

Button, yang harus finis di tempat keempat jika perebutan gelar juara kembali harus diperebutkan di GP Brasil, dua pekan mendatang, kini akan start di posisi ke-12 di mana Barrichello pada posisi 9.

Pembalap Red Bull, Sebastien Vettel, yang masih berpeluang menggeser posisi Button di klasemen puncak, akan staret di tempat pertama diikuti pembalap Toyota, Jarno Trulli setelah sesi kualifikasi terpaksa dihentikan 3 kali lantaran tabrakan yang terjadi yang melibatkan Glock.

Juara bertahan F1 musim lalu, Lewis Hamilton akan start di posisi ketiga. Pembalap BMW Sauber Nick Heidfeld di tempat keempat setelah pembalap Force India, Adrian Sutil menerima sanksi terlempar 5 posisi dari peringat 4.

Pembalap lainnya yang menerima penalti adalah Fernando Alonso yang harus start di posisi 12. Pembalap Swiss yang tergabung dalam tim Toro Rosso Sebastien Buemi juga mendapat sanksi penalti lima peringkat.

REUTERS | BAGUS WIJANARKO

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi