Pengadilan Prancis Batalkan Sanksi Seumur Hidup Briatore  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 6 Januari 2010 11:18 WIB
AP Photo
TEMPO Interaktif,Paris:Sanksi seumur hidup yang diberikan kepada Flavio Briatore dibatalkan oleh pengadilan Prancis.

Briatore, mantan bos Renault sontak merayakan hal ini setelah pengadilan Paris “membatalkan sanksi ilegal”. Pengadilan menganggap sanksi yang diberikan FIA kepada Briatore sebagai hal yang tidak lazim, setelah pria Italia itu dengan sengaja menyuruh pembalapnya Nelson Pique Jr menabrakkan mobilnya pada Grand Prix Singapura 2008.

Hukuman bagi Pat Symonds, mantan direktur teknis Renault juga dibatalkan. Tadinya pria itu mendapat sanksi lima tahun tidak boleh berkecimpung dalam Formula Satu.

“Keputusan hari ini memberikan saya rasa bangga dan kebebasan yang sempat ingin diambil mahkaman arbitrase. Saya ingin mengungkapkan kebahagiaan terbesar pribadi saya dalam hal ini,” bungah Briatore, Rabu (6/1).

Namun permasalah masih mengganjal. FIA berargumen bahwa sanski dibatalkan akibat masalah teknis. Menurut otoritas otomotif dunia, Briatore jelas terlibat dalam skandal crash-gate.

“Pembatalan sanksi dari pengadilan belum bisa diterapkan sebelum FIA melakukan upaya banding,” kata pernyataan resmi FIA.

AP | BAGUS WIJANARKO 

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi