Mitsubishi Target Jual 90 Ribu Unit Tahun Ini  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 16 Februari 2010 15:46 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (PT KTB), Agen Tunggal Pemegang Merek Mitsubishi di Indonesia, mematok target penjualan 2010 sebesar 90 ribu unit atau 15 persen dari total penjualan nasional yang ditargetkan mencapai 600 ribu unit.

Angka 90 ribu itu 50 persen merupakan kendaraan komersial dan 50 persen lainnya kendaraan penumpang. Prospek ekonomi menjadi dasar optimisme tersebut.

“Membaiknya pereknomian, khususnya di sektor komoditas baik tambang maupun perkebunan dan kehutanan di 2010 memberikan rasa optimistis kepada kami. Begitu pula dengan arus distribusi barang seiring dengan membaiknya ekonomi,” tutur Riswan Alamsjah, Direktur Pemasaran PT KTB, di Jakarta, Senin (15/2) malam.

Seiring dengan target tersebut, ATPM ini meluncurkan tiga model truk medium New Colt Disel yaitu Super Speed 125 PS, Super Power 136 PS, serta Super Economical 110 PS. “Dengan tambahan line up baru ini kami optimistis target 2010 bisa dicapai,” tandas dia.

Selain menggenjot penjualan kendaraan komersial, PT KTB juga akan memacu penjualan kendaraan komersial. Meski tak menyebut produk baru, namun Riswan mengatakan model yang ada saat ini masih cukup mumpuni untuk menggebrak pasar otomotif tanah air.

“Pajero Sport cukup bagus penjualannya di 2009 lalu, Lancer Evolution dan Lancer EX 2.0 GT, atau Grandis juga cukup bagus,” sebut Riswan tanpa menyebut angka penjualannya.

Menanggapi hal itu, pengamat otomotif Erwin Subarkah menyebut target untuk kendaraan komersial cukup realitas. Sebab, keberadaan merek Mitsubishi di Indonesia cukup kuat karena mulai dipasarkan 1970.

“Jaringan penjualan, bengkel, dan toko sparepartnya juga luas, dengan kata lain brand dan positioning Mitsubishi di segmen ini sangat kuat. Dan perlu diingat konsumen kendaraan komersial Mitsubishi adalah konsumen loyal, dan 60 -70 persen adalah korporat skala kecil hingga besar,” paparnya kepada Tempo di Jakarta, Selasa (16/2).

Erwin menyebut, penjualan wholesale Mitsubishi pada 2009 lalu mencapai 61.735 unit atau sekitar 12,7 persen dari total penjualan mobil di Indonesia yang sebesar 580 ribu unit. Dari penjualan itu sekitar 80 persen merupakan kendaraan komersial.

Jadi, tak seperti segmen komersial, di segmen kendaraan penumpang Mitsubishi menghadapi tantangan berat. Minimnya varian produk di kendaraan segmen ini menjadikan merek ini tak bisa mengimbangi gempuran pesaing.

Menurut Erwin, kini andalan Mitsubishi yang paling moncer hanya Pajero Sport dan Mitsubishi Strada yang menjadi ujung tombak penjualan. “Strada menjadi yang terlaris dengan penjualan 8.407 unit pada 2008, sementara Pajero Sport diluncurkan Juni hingga Desember 2008 terjual 600 unit,” sebutnya.

Namun Pajero Sport kini juga harus bersaing ketat dengan Honda CR-V, Toyota Fortuner, Nissan X-Trail, Hyundai Santa Fe, Mazda Tribute, dan Ford Everest. “Jadi kalau 2010 ini tidak ada model baru atau setidaknya ada versi facelift untuk penyegaran pasar, maka di segmen kendaraan penumpang ini masih cukup berat,” ungkap Erwin.

ARIF ARIANTO

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi