Toyota Siap Menjawab Gunda Gulana Parlemen Amerika Serikat
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 19 Februari 2010 14:05 WIB
Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda. (www.daylife.com)
TEMPO Interaktif, Tokyo - Pimpinan Toyota Motor Corp siap memberikan penjelasan kepada para anggota Parlemen Amerika Serikat pekan depan karena gunda gulana atas keamanan dan keselamatan kendaraan produksinya. Baru pertama kalinya eksekutif Jepang hadir di depan Kongres.

Akio Toyoda, cucu pendiri Toyota, Jumat, menyatakan dia merasa mendapatkan kehormatan bisa menghadiri undangan dari Parlemen guna menjelaskan soal penarikan jutaan kendaraan, Rabu depan, sebelum Kongres mengadakan sidang paripurna.

Menurutnya, keputusan menarik jutaan kendaraan yang sudah beredar di seluruh dunia tersebut sebagai bentuk tanggung jawab selaku produsen demi keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Sebelumnya, Toyoda menyatakan tak tertarik memenuhi undangan Parlemen, dia cukup mengirimkan pimpinan perusahaan saja ke Amerika Serikat. Namun, setelah memperhatikan kritik dari Menteri Perhubungan Jepang, maka dia merasa perlu menghadiri undangan tersebut untuk memberikan penjelasan.

"Saya berharap bisa berbicara langsung dengan Kongres dan rakyat Amerika," ujar Toyoda. Selain itu, papar Toyoda, perusahaan akan melakukan investigasi mendalam penyebab ketidakberesan di bagian rem mobil sehingga harus menarik 8,5 juta mobil yang telah beredar. 

"Baguslah kalau dia mau menerima undangan itu," ujar Seiji Maehara, Menteri Perhubungan, Jumat.

REUTERS | CHOIRUL

#Toyota

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi