Ferrari Akan Perbaiki Mesin F10  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 6 April 2010 18:31 WIB
AP Photo
TEMPO Interaktif, Sepang - Tim Ferrari cemas dengan kondisi daya tahan mesin mobil F10 yang dipakainya usai menjalani tiga balapan Formula 1 musim 2010. Mesin kendaraan Ferrari mendapat masalah pada balapan di Sepang, Malaysia, Minggu lalu dan mengancam usaha perburuan gelar juara tahun ini.

Pada balapan perdana di Bahrain, Ferrari sangat mendominasi setelah dua pembalapnya, Fernando Alonso dan Felipe Messa naik podium juara. Tapi di Sepang, Alonso gagal menyelesaikan lomba setelah mesinnya mengalami kerusakan beberapa lap menjelang akhir balapan.

Saat itu, gearbox mobil Alonso mengalami kerusakan, sehingga terpaksa membalap tanpa menggunakan kopling. Akibatnya mesin mobil miliknya jebol tak kuat karena dipaksa bekerja keras. Pembalap yang pernah meraih juara dunia Formula 1 pada 2005 dan 2006 itu pun gagal mencapai garis akhir.

Ini bukan pertama kalinya F10 mengalami masalah mesin. Pada balapan di Bahrain, unit penyalur tenaga di mobil Alonso dan Massa terpaksa diganti setelah mereka menjalani kualifikasi dan melakukan persiapan menjelang lomba. Selain Ferrari, tim Sauber yang menggunakan pasokan mesin sama juga mengalami masalah.

Bos tim Ferrari, Stefano Domenicali, mengakui F10 sudah menunjukkan kecepatan yang bagus di tiga balapan awal tahun ini. Namun ia menyadari bahwa Ferrari harus segera memperbaiki masalah yang ada pada mesin mobil itu sebelum terjadi lagi bencana serupa yang membuat Alonso kehilangan banyak poin karena gagal finis di Sepang.

"Kami ada di sana, sangat kompetitif serta kuat dan kami harus membuktikan bahwa kami bisa mengatasi masalah. Sayangnya, ini adalah pekan terburuk bagi tim karena mobil tidak memiliki daya tahan yang cukup dan kami gagal melewati babak kualifikasi," kata Stefano. Pada babak kualifikasi, Ferrari salah memprediksi kondisi cuaca dan gagal ikut kualifikasi. Akibatnya Alonso harus membalap dari posisi 19 dan Massa di urutan 21.

Stefano mengatakan kurangnya daya tahan mesin sangat mengkhawatirkan dan harus diselesaikan secepatnya. Namun para teknisi pun belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan kerusakan di mesin milik Alonso dan juga di tim Sauber. "Berdasarkan informasi, masalahnya sangat berbeda. Yang jelas, apa yang terjadi pada balapan itu tidak bisa diterima dan kami sudah mmbahasnya. Kami harus kerja lebih keras untuk mengembangkan mobil ini," katanya.

Stefano juga belum bisa memastikan apakah Ferrari memiliki mobil tercepat tahun ini. "Siapa yang bisa menentukan mobil mana yang paling cepat setelah tiga balapan? Jika hanya melihat poin saat ini, kami sedang memimpin dan itu artinya kami tercepat. Tapi pola itu tidak bisa diterapkan saat ini," katanya.

Stefano mengatakan saat ini Red Bull adalah tim dengan mobil yang bagus setelah sukses meraih pole position pada tiga balapan. "Red Bull menjadi pesaing tangguh kami saat ini. Tapi aku juga tidak akan melewatkan McLaren, mereka terlihat bagus juga," kata dia.

AUTOSPORT / GABRIEL WAHYU TITIYOGA

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi