Vettel Bawa Red Bull Dominasi Posisi Start Terdepan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 17 April 2010 15:58 WIB
REUTERS/Aly Song
TEMPO Interaktif, Shanghai - Sebastian Vettel menghadiahi tim Red Bull posisi start terdepan keempat kali dalam empat balapan musim ini. Pembalap asal Jerman tersebut menjadi yang tercepat pada kualifikasi Grand Prix Cina, Sabtu (17/4).

Vettel mengemas catatan waktu tercepat 1 menit 34,558 detik dalam satu putaran pada putaran terakhir sekaligus menyisihkan rekan setimnya, Mark Webber. Dengan hasil tersebut, Red Bull bakal menempatkan dua pembalapnya di posisi start nomor satu dan dua. Vettel sekaligus meraih posisi start terdepan untuk ketiga kali dalam empat balapan terakhir dan kedelapan sepanjang kariernya.

“Itu putaran yang fantastik,” ujar pembalap berusia 22 tahun tersebut. “Posisi start terdepan untuk keempat kali secara beruntun bagi Red Bull. Kami telah membuktikan bahwa kami memiliki mobil yang sangat cepat. Tetapi, kami akan melihat kondisi besok, mungkin saja basah…”

Vettel menjuarai balapan terakhir di Grand Prix Malaysia begitu juga di Shanghai tahun lalu. Ia bakal memimpin klasemen pembalap jika menang pada Ahad nanti.

Meski terus meningkatkan penampilannya, Vettel harus memecahkan kebuntuan musim ini. Sebab, dalam lima balapan terakhir di Formula Satu, tidak satu pun pembalap yang menjuarai balapan ketika menduduki posisi start terdepan.

Menanggapi hasil kualifikasi, Webber mengatakan, “Persaingan antara kami berdua (dengan Vettel) sangat bagus. Yang pasti Seb melewati putaran dengan bagus. Saya sendiri sangat senang dengan hasil yang saya dapat. Pujian untuk tim, kami menguasai posisi start lagi.” Webber sendiri meraih posisi start terdepan pada Grand Prix Malaysia, namun harus puas berada di posisi kedua di akhir balapan.

Sementara itu, juara dunia dua kali asal Spanyol, Fernando Alonso, bakal start di posisi ketiga dengan mobil Ferrarinya. Dia dibuntuti pembalap Mercedes Nico Rosberg.

“Sekali lagi ini merupakan potensi maksimal kami di kualifikasi. Kami sadar medan balapan ini lebih baik bagi kami,” ujar Alonso yang berada di posisi start nomor tiga di dua balapan perdana musim ini dan menang di Bahrain. “Dalam situasi normal, ini merupakan usaha maksimal yang bisa kami lakukan saat ini.”

Posisi start nomor lima diraih pembalap McLaren Jenson Button disusul rekan setimnya, Lewis Hmilton.

“Kami tampil sangat bagus… Sedikit lebih mudah berada di posisi terdepan,” ujar Hamilton. “Saya tidak begitu mengerti apa yang terjadi dengan mobil ini di Q3. Tetapi saya tidak bisa memacu lebih cepat lagi. Itu sudah maksimal.”

Pemimpin klasemen sementara Felipe Massa dari Brasil bakal berada di posisi start nomor tujuh dengan mobil Ferrarinya di depan pembalap Renault Robert Kubica.

REUTERS| KODRAT SETIAWAN

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi