Mark Webber Raih Posisi Start Terdepan GP Spanyol  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 8 Mei 2010 20:48 WIB
Pembalap F1 dari tim Red Bull Sebastian Vettel (kiri) dan Mark Webber, setelah meraih posisi pertama dan kedua dalam kualifikasi Grand Prix Spanyol (8/5). AP/Manu Fernandez
TEMPO Interaktif, Barcelona - Pembalap Australia Mark Webber merebut posisi start terdepan dalam kualifikasi Grand Prix Spanyol di Sirkuit Catalunya, Sabtu (8/5). Webber unggul atas rekan setimnya, Sebastian Vettel, sehingga menempatkan dua pembalap Red Bull di posisi start terdepan.

Posisi start terdepan di Grand Prix Spanyol merupakan yang kelima kali diraih Red Bull dalam lima balapan. Sedangkan, bagi Webber itu merupakan posisi start terdepan kedua musim ini.

"Posisi start terdepan ini untuk tim. (Anggota tim di) dua sisi garasi hanya tidur lima jam dalam dua malam terakhir. Mereka bekerja sangat keras," ujar Webber yang bakal tampil di posisi start terdepan untuk ketiga kali sepanjang kariernya.

"Ini merupakan hasil kualifikasi yang sensasional bagi untuk Seb maupun saya," tambah Webber.

Posisi start ketiga diraih pembalap McLaren Lewis Hamilton disusul pembalap Spanyol yang kini membela Ferrari, Fernando Alonso.

Juara bertahan Formula Satu Jenson Button yang mengendarai McLaren berada di posisi kelima dibuntuti juara Formula Satu tujuh kali yang membela Mercedes, Michael Schumacher.

Schumacher sekaligus untuk pertama kalinya berada di depan rekan setimnya, Nico Rosberg, setelah Schumacher kembali berlaga musim ini usai pensiun tiga tahun lalu. Hasil kualifikasi Grand Prix Spanyol juga yang terbaik diraih Schumacher musim ini.

Rosberg berada di posisi kedelapan di belakang pembalap Renault asal Polandia Robert Kubica. Rosberg kecewa karena Ferrari membiarkan Alonso memacu mobilnya sehingga menghalangi Rosberg di pit lane pada fase terakhir kualifikasi.

"Alonso seharusnya terkena penalti untuk itu," ujar pembalap asal Jerman tersebut kepada timnya melalui radio.

Webber mendapat modal dengan catatan sejarah di Grand Prix Spanyol yang berpihak kepadanya. Sebab, pembalap yang start di posisi terdepan Grand Prix Spanyol dalam sembilan tahun terakhir selalu menang.

Akan tetapi, Vettel juga memiliki catatan sejarah yang menguntungkannya. Pasalnya, belum ada pembalap yang berada di posisi start terdepan bisa menang pada musim ini.

"Saya rasa kami menikmatinya. Mark ingin mengalahkan saya dan saya ingin mengalahkan Mark," ujar Vettel sambil memberi selamat kepada Webber.

"Mungkin saya bisa menemukan sesuatu besok... meski dari catatan waktu cukup menggembirakan, saya rasa kami harus tetap waspada," tambah Vettel.

"Laga nanti mungkin akan mudah bagi Red Bulls. Jika medannya kering, itu mungkin bisa terjadi," ujar Button.

REUTERS| KODRAT SETIAWAN

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi