Honda Garap Kembali Proyek Supercar NSX
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 6 Februari 2011 19:51 WIB
Honda-nsx. Foto:4wheelsnews.com
Iklan
Iklan
TEMPO Interaktif, Tokyo - Segmen supercar bakal semakin menguat setelah perekonomian dunia – termasuk sektor – otomotif terseok-seok dihajar krisis keuangan global. Mobil serba super itu, bakal menjadi andalan baru bagi produsen mobil untuk bertarung di pasar. Tak pelak, produsen pun pasang kuda-kuda mempersiapkannya agar tak tertinggal oleh para pesaingnya. Satu diantara mereka adalah Honda Motor Co, (Honda).
Sebuah kabar anyar yang dilansir Japanese Nostalgic Car dan dikutip autoevolution.com, Ahad (5/2), menguak niat Honda tersebut. Adalah Takashi Ito, seorang direktur Honda, yang memastikan rencana itu. “Takashi Ito (telah) mengumumkan bahwa Honda telah memulai memproduksi ulang supercar (Honda NSX) itu,” tulis media tersebut.
Ya. Honda telah memulai membangun kembali supercar  Honda NSX. Hanya, hingga kini belum ada penjelasan resmi  tentang spesifikasi mesin maupun fitur yang bakal diusung mobil tersebut.  Namun, beberapa tahun lalu Honda telah memperkenalkan mesin anyar  dalam proyek HSV-010 GT. Akankah itu menjadi pengganti? Belum pasti.
Sebuah versi lain datang dari orang dalam pabrikan itu. Seperti dikutip Kyodo News International dan dikutip istockanalyst.com, Selasa (7/12) seorang prjabat di Honda  mengatakan, mobil super itu kemungkinan besar berteknologi hybrid. Mobil itu akan dibekali mesin konvensional dan motor listrik.
"Kami juga tengah mempelajari kemungkinan pengembangan mobil bertenaga surya (fuel cell) dan listrik murni," aku pejabat tersebut.
Laman egmcartech.com, 23 November lalu melaporkan mobil anyar itu akan menggunakan mesin konvensional 2.400 cc empat silinder dan motor listrik, atau mesin 3.500 cc V6 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 400 daya kuda. Tenaga itu disalurkan ke roda melalui transmisi manual dan sistem penggerak rodanya menggunakan teknologi khas NSX yaitu Super Handling All-Wheel Drive (SH-AWD).
Hanya, hingga kini belum ada informasi kapan mobil tersebut mulai diproduksi. Honda NSX atau Acura NSX adalah mobil sport Honda yang diproduksi 1990 – 2005. Sepanjang kurun waktu itu NSX dibekali mesin bensin V6 bensin dengan fitur teknologi Timing Variable Valve Honda dan Lift Electronic Control (VTEC).
Pada 1984 Honda meminta perusahaan desain mobil asal Italia, Pininfarina untuk merancang Honda Pininfarina Xperimental (HPX) dengan mesin 2.000 cc V6. Setelah itu konsep tersebut bermetaforsa menjadi New Sportscar eXperimental (NSX).
Honda NSX dirancang oleh para insinyur Honda dibawah kepemimpinan Ken Okuyama sebagai Chief Designer dan Shigeru Uehara sebagai Executive Chief Engineer. Keduanya kemudian didapuk untuk memimpin proyek S2000 yang mengembangkan NSX generasi anyar.
ARIF ARIANTO
Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi