Toyota Indonesia Pastikan Tak Ada Penarikan Lexus RX 300 dan 350
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 28 Februari 2011 13:13 WIB
AP/Pat Wellenbach

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Toyota Astra Motor  memastikan tidak ada penarikan mobil Lexus varian RX 300 dan RX 350 di Indonesia. Pasalnya, hingga saat ini tidak ada satu pun laporan dari pemilik kedua varian mobil itu ke Toyota.

Pada sisi lain, varian yang dipasarkan di Indonesia oleh Toyota - dalam hal ini Lexus Indonesia - merupakan model yang diproduksi 2007. "Sampai sejauh ini belum ada keluhan dari konsumen atau pemilik mobil yang membeli mobilnya dari kami (PT TAM atau Lexus Indonesia). Begitu pun, dari principal kami di Jepang," tutur Rouli Sijabat, Public Relation Manager PT TAM saat dihubungi Tempo Senin (28/2).

Pernyataan senada juga diungkapkan oleh Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia. "Kami pastikan, Lexus RX baik 300 maupun 350 di Indonesia aman dari masalah pedal gas yang tersangkut di karpet lantai mobil," tandas dia saat dihubungi.

Selain hingga saat ini tidak ada keluhan dari pemilik mobil, varian yang dipasarkan di Indonesia juga berbeda model. Bahkan Adrian menegaskan, varian Lexus lainnya yang masuk daftar penarikan di Amerika Serikat dan sejumlah negara lain, di Indonesia juga aman.

Dia menyebut, faktor utama yang menjadi penyebab masalah di pedal gas Lexus yang ditarik adalah jenis karpet dan penempatannya di mobil. Akibat ketidaktepatan tersebut, menyebabkan pedal gas tersangkut dan tertarik. Akibatnya, mobil terus melaju dalam kecepatan tinggi.

"Di Indonesia menggunakan karpet yang berbeda. Jadi, di sini yang perlu ditegaskan yang menjadi masalah adalah karpetnya. Di pasar kita aman," papar dia.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (25/2), Toyota Motor Corporation akan menarik 2 juta unit lebih mobil produksinya di berbagai negara karena pedal gas bermasalah. Satu di antara mobil yang ditarik adalah Lexus RX 300 dan 350.

Sedangkan chinadaily.com mewartakan mulai awal Maret, Toyota di Cina menarik 5.202 kedua varian itu. Perbaikan di Negeri Tirai Bambu itu dilakukan mulai 23 Maret mendatang.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi