Akhirnya, Toyota Pastikan Pemasaran Mobil Sport FT-86
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 2 Maret 2011 16:49 WIB
Toyota FT-86 II Concept. foto: autoevolution

TEMPO Interaktif, Jenewa - Setelah beberapa kali mengalami perubahan jadwal peluncuran sejak mulai digarap pada 2009 lalu, nasib mobil sport Toyota FT-86 akhirnya mendapatkan kepastian.

Toyota Motor Corporation (Toyota), Rabu (2/3) meluncurkan konsep terbaru mobil tersebut di gelaran Geneva Auto Show 2011 yang berlangsung mulai 1-13 Maret.

Tak hanya itu. Pernyataan resmi Toyota, seperti dilansir caranddriver.com, Rabu (2/3) juga menegaskan mobil itu mulai dipasarkan pada 2012 mendatang. "Penjualan awal akan dimulai pada 2012 mendatang di Eropa," sebut pernyataan itu.

Sementara, seperti diwartakan autoevolution.com, Toyota juga sesumbar bahwa mobil sport anyar itu bakal mengentak segmen mobil sport premium di kancah global. Lebih dari itu, Toyota juga mengaku, kehadiran FT-86 anyar itu bakal mengembalikan reputasinya sebagai merek yang disegani di mobil sport.

Tampilan konsep II ini sejatinya tak jauh berbeda dengan konsep sebelumnya. Panjang mobil ini 4,23 meter (m), lebar 1,79 m, dan tinggi 1,27 m. Adapun panjang sumbu rodanya mencapai 2,57 m.

Mobil berjuluk Hachiroku yang merupakan buah kongsi Toyota Motor dan Subaru itu menggunakan konsep sporty dengan kursi 2+2 dan mengadopsi gaya RWD Corolla AE86.  Mesinnya berkapasitas 2.000 cc empat silinder, yang menyemburkan tenaga hingga 200 daya kuda.

Tenaga sebesar itu disalurkan ke roda melalui transmisi manual enam kecepatan. Toyota melengkapinya dengan rem Advics sebagai sarana yang aman untuk menghentikan mobil.

Bila Toyota saat ini merasa bungah, itu lumrah. Pasalnya, perjalanan proyek penggarapan mobil ini juga tidak berjalan mulus. Sejumlah kendala harus dihadapi Toyota dan Subaru.

Catatan menunjukkan, penggarapan konsep mobil ini dimulai April 2008. Namun, belum genap setahun yaitu Februari 2009, proyek ini telah menghadapi kendala. Kegiatan terhenti akibat badai krisis meremukkan ekonomi dunia.

Enam bulan kemudian, atau Agustus 2009 Toyota memberi sinyal proyek tersebut bisa dilanjutkan, dan bahkan konsep mobil diboyong ke perhelatan Tokyo Motor Show 2009 pada Oktober.

Hanya, empat bulan kemudian atau Februari 2010, kendala kembali menghadang. Kala itu, Toyota dikabarkan menolak konsep desain mobil  tersebut. Akibatnya, kepastian jadwal peluncuran pun kembali tak menentu.

Tetapi itu tak berlangsung lama, dan proyek kembali dilanjutkan meski saat itu belum ada kepastian seperti apa profil FT-86 versi produksi. Jawaban teka-teki itu muncul, pada Rabu (2/3) setelah Toyota secara resmi meluncurkan konsep terbaru Toyota FT-86 II di gelaran Geneva Auto Show 2011 dan mengaku siap memproduksinya.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi