Button Yakin Bisa Lebih Menyaingi Vettel di GP Cina  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 15 April 2011 07:36 WIB
Jenson Button . (AP Photo/Silvia Izquierdo)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Shanghai - Jenson Button percaya McLaren akan semakin cepat menyaingi Red Bull Racing pada seri ketiga di Grand Prix Cina akhir pekan ini. Button yang menduduki podium kedua saat balapan di GP Malaysia berpikir kondisi seperti itu akan menyenangkan untuk lebih bisa menandingi Sebastian Vettel.

Setelah kalah cepat dalam perebutan posisi pole dan lomba di Malaysia, McLaren telah melakukan serangkaian update pada kendaraannya sekaligus akan kembali mengevaluasi konfigurasi pijakan kaki dan knalpot di Shanghai akhir pekan ini.

Dengan melihat perkembangan putaran waktu dari balapan nanti, Button yakin timnya McLaren masih memiliki banyak waktu untuk mendapat cukup pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari mobilnya, yang sejak di seri pertama di Australia jauh dari maksimal.

"Dalam hal performa mobil, mudah-mudahan kita akan mendapatkan sedikit lebih dekat pada akhir pekan nanti," kata pembalap McLaren ini, Kamis (14/4). "Ketika kami menguji di Malaysia kami membuat perubahan dan itu telah membuat perbedaan besar dalam hal waktu putaran dan konsistensi," dia melanjutkan.

Pembalap asal Inggris ini mengaku timnya sudah mengetahui apa saja yang harus diperbuat, dengan sirkuit yang berbeda dan dengan keadaan yang berbeda, baik itu soal suhu maupun ban. McLaren perlu memahami itu semua akan membuat orang-orang mengomentari hasilnya setelah balapan.

"Saya melihat ke depan untuk keluar sebagai juara, beberapa sirkuit memang membuat saya tidak senang dengan keadaannya itu tapi mudah-mudahan kita sekarang sudah bisa mengatasi semuanya," ujarnya.

Button meyakini bahwa nasib McLaren juga akan dibantu oleh penurunan suhu yang diperkirakan lebih rendah sehingga performa ban bisa lebih maksimal.

"Di sini akan sedikit lebih dingin sehingga degradasi ban akan menjadi berkurang. Belokkan kecepatan tinggi tidak akan masalah sepertinya," kata Button.

Lebih lanjut Button mengatakan dirinya berpikir McLaren mungkin sekarang sudah dapat membuat lebih banyak kemajuan untuk menyaingi tim Red Bull Racing. Sebelumnya McLaren memang tidak memiliki set-up yang sempurna dalam balapan yang lalu.

"Kami telah melakukan beberapa pemutakhiran di sini. Saya tidak tahu apakah Red Bull Racing akan sulit untuk mengetahuinya, tapi saya pikir Anda juga akan melihat beberapa tim lain juga bakal lebih cepat di sini," katanya.

"Ferrari akan menjadi lebih kompetitif sini, dan begitupun Renault, memiliki kecepatan yang sangat baik pada lintasan yang lurus."

Button memprediksi perjuangannya nanti akan menghasilkan tekanan yang lebih besar kepada Vettel dibanding pada awal lomba. "Sebastian sangat cepat pada beberapa putaran pertama dalam lomba, mungkin karena dia dapat mendorong ban lebih baik," katanya.

"Aku selesai tiga detik di belakangnya, tapi dia pasti melambat di bagian akhir. Kecepatan kami cukup mirip. Jadi jika kita mendapatkan performa yang lebih baik maka saya pikir akan lebih menyenangkan dan kecepatan kita akan sangat mirip," Button menambahkan.

AUTOSPORT | BASUKI RAHMAT

#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi