Vettel Juara GP Monaco
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 29 Mei 2011 21:20 WIB
Sebastian Vettel. REUTERS/Leonhard Foeger

TEMPO Interaktif,Monaco:Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel kembali memperlihatkan tajinya setelah memenangkan lomba balap Formula Satu Grand Prix Monaco secara dramatis kemarin. Mobil RB7 yang ditunggangi pembalap asal Jerman itu menyentuh garis finis terdepan setelah menjalani 78 putaran pada lomba yang sempat dihentikan akibat tabrakan yang melibatkan beberapa pembalap.

Vettel berhasil mencatat waktu 2 jam 9:38.373 detik mengalahkan rivalnya pembalap Ferrari Fernando Alonso. Pembalap asal Spanyol itu tercecer 1.138 detik diikuti bintang McLaren-Mercedes, Jenson Button di tempat ketiga.

Pembalap Red Bull, Mark Webber finis di tempat keempat, terpaut 23.100 detik dari Button. Ia diikuti pembalap Sauber-Ferrari Kamui Kobayashi. Ia memimpin sampai putaran 18 ketika memasuki pit stop untuk mengganti ban ke tipe kasar. Posisinya diambil alih Button yang memilih menggunakan ban bertipe super lunak.

Button memimpin 9,7 detik di depan Vettel dan Alonso. Namun Vettel bisa kembali memimpin pada putaran 51. Dalam lomba, sempat terjadi tabrakan antara mobil Felipe Massa yang bertabrakan dengan Hamilton. Hasilnya, pembalap Brasil itu harus menghentikan lomba akibat bagian mobilnya hancur setelah menghantam pinggiran terowongan.

Keunggulan Vettel tak terkejar sampai putaran 69. Sementara Vettel, Alonso dan Button memimpin di tiga terdepan, insiden tabrakan kembali terjadi yang melibatkan mobil yang ditunggangi Adrian Sutil. Mobilnya keluar jalur di sisi kolam renang diikuti mobil Jaime Alguersuari yang sempat menyundurl mobil Hamilton dan Vitaly Petrov (Renault).

Penyelenggara langsung menghentikan setelah terjadinya tabrakan tersebut. Toh, Vettel yang tampil capik, bisa kembali menguasai lomba dengan mengunakan ban anyar.

Pembalap lainnya yang tidak bisa melanjutkan lomba yakni Michael Schumacher (mercedes). Ia diikuti pembalap Virgin-Cosworth Timo Glock dan pembalap Sauber-Ferrari, Sergio Perez.

Ini menjadi kemenangan kelima dari enam gp yang sukses diraih Vettel. “Fantastis, Anda telah memenangkan lomba GP Monaco,” kata suara ofisial Red Bull memberi selamat kepada Vettel seusai lomba.

REUTERS | AUTOSPORT | BAGUS WIJANARKO

#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi