Agar Fisik Prima Saat Perjalanan Mudik  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 12 Agustus 2011 10:14 WIB
TEMPO/ Zulkarnain
Iklan
Iklan

TEMPO Interaktif, Jakarta - Tak terasa dua pekan lagi Lebaran tiba. Bagi Anda yang ingin mudik, waktu yang masih tersisa ini sebaiknya digunakan untuk mematangkan persiapan. Terlebih bila Anda sekeluarga akan menggunakan mobil pribadi untuk perjalanan menuju kampung halaman itu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain mempersiapkan kendaraan, Anda sebaiknya juga mempersiapkan kondisi fisik dan mental. Pasalnya, perjalanan jarak jauh dengan kondisi jalanan yang penuh sesak kendaraan pemudik, karakter lintasan yang beragam, cuaca yang tidak menentu, selain membutuhkan stamina fisik yang prima, juga mental yang stabil.

"Bila fisik dan mental tidak fit atau bahkan salah satunya tidak prima, akan berpengaruh pada kemampuan cara mengemudi," tutur Nurdian Imansyah, offroader yang juga Instruktur Safety & Eco Driving Javaindo Adventure, saat ditemui di sela acara sosialisasi mudik aman dan nyaman yang digelar sebuah produsen ban, di Jakarta, Kamis, 11 Agustus 2011.

Lantas, bagaimana menyiapkan fisik dan mental agar tetap prima sepanjang perjalanan saat mudik? Berikut penjelasan Iman:

1.      Mengkonsumsi makanan sehat dan vitamin secara teratur

Makanan dan minuman yang sehat sangat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh, dan mekanisme metabolisme tubuh. Dua hal itu sangat penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Terlebih, di saat melakukan kegiatan ekstra keras seperti mengendarai mobil selama berjam-jam saat mudik.

Oleh karena itu, perbanyaklah mengkonsumsi sayuran segar yang telah dimasak, buah-buahan segar, serta rempah-rempah. Kacang buncis, wortel, kangkung,  kembang kol, kol, daun bawang, sawi, bayam, dan sebagainya merupakan sumber serat dan vitamin yang bagus.  

"Sedangkan, buah sebaiknya tidak dijus, tetapi langsung dimakan karena seratnya sangat berguna bagi tubuh," kata Safitri Maharani, ahli gizi yang menjadi nara sumber di acara tersebut.

Selain itu, memperbanyak konsumsi rempah-rempah yang mampu menetralisir kolesterol dan memiliki zat antioksidan yang tinggi. Di antara rempah itu adalah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, jinten, lada, lengkuas, kencur, serta kayu manis.

Selain itu, kurangi makanan yang banyak mengandung lemak, banyak bersantan, terlalu manis. "Dengan mengkonsumsi vitamin dari sayur dan buah, serta rempah itu, kita tidak akan cepat lelah. Bila badan sehat maka, mental pun stabil," sebut Fitri.

2.      Olah raga teratur dan cepat menyelesaikan persoalan

Persiapan mental tidak hanya menghindari permasalahan sehari-hari baik pribadi maupun pekerjaan. Namun, menyiapkan mental yang dimaksud di sini adalah mengurangi tingkat ketegangan psikis.

Berolah raga secara teratur meski hanya senam dan jalan kaki di sekitar rumah, serta istirahat yang cukup merupakan salah satu cara untuk menjaga kestabilan psikis.

Cara lainnya adalah segera menyelesaikan persoalan yang ada sebelum hari 'H' perjalanan mudik sehingga tidak membebani pikiran Anda ketika di jalan.Mengemudi dalam perjalanan jauh sangat membutuhkan kestabilan mental. "Sebab berkendara di berbagai situasi jalan dan kondisi lintasan membutuhkan konsentrasi penuh," terang Iman.

3.      Selalu berpikir positif

Cara lain untuk membangun mental yang kuat dan stabil adalah memperbanyak ibadah. Kegiatan ini memberikan efek ketenangan yang sangat besar pada jiwa seseorang. Ibadah tidak sebatas melakukan salat wajib atau sunah saja, tetapi melakukan kegiatan yang positif dan berguna bagi orang lain.

Satu hal yang juga patut diingat, bahwa kesiapan mental juga termasuk memahami bahwa perjalanan mudik sudah pasti akan menghadapi kemacetan dan berbagai kemungkinan masalah lain. Oleh karena itu, sebaiknya mengartikan perjalanan mudik sebagai bagian dari kegiatan rekreasi petualangan.

"Sehingga apa pun kondisinya Anda bisa menikmati. Jadi, intinya adalah selalu berpikir positif," tandas Iman.

ARIF ARIANTO

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi