Toyota Siapkan Lexus Pesaing Audi RS dan Mercedes AMG
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 7 September 2011 20:34 WIB
AP /Koji Sasahara

TEMPO Interaktif, Tokyo - Persaingan di antara produsen mobil asal Jerman di segmen mobil berperforma tinggi  semakin bertambah sengit.  Pertarungan diantara merek ditandai dengan peluncuran model-model anyar yang berlabel RS (di jajaran produk Audi), M (untuk BMW) serta AMG (Mercedes).

Namun,  tak lama lagi pertempuran seru itu tak lagi terjadi diantara pabrikan asal Jerman saja.  Produsen asal Jepang, Toyota Motor Corporation (Toyota), kini tengah memasang kuda-kuda untuk ikut terlibat pada pertarungan itu guna menggaet hati konsumen.

Seperti dilansir InsideLine.com dan autoevolution.com, Rabu, 7 September 2011, Toyota tengah menyiapkan varian khusus di jajaran Lexus GS yang memiliki performa tinggi.

“Varian yang dinamai Lexus GS F itu merupakan bagian dari pengembangan Lexus GF 2013,” laman itu menulis mengutip pernyataan sumber di Toyota.

Varian anyar itu disebut memiliki performa yang tak kalah dengan Lexus F Sport dan Lexus IS F yang ada saat ini. “Kami ingin Lexus menjadi mobil canggih pilihan para penggemar mobil berkecepatan tinggi,” kata Akio Toyoda, Chief Executive Officer Toyota  beberapa waktu lalu.

“Saya ingin Lexus  bisa bersaing di seluruh dunia, dan jangan khawatir dengan performa tinggi seperti Lexus F Sport,” imbuhnya.

Ihwal mesin, sumber di pabrikan itu mengatakan Lexus anyar itu akan mengusung seperti yang digunakan Lexus IS F yaitu V8 yang dilengkapi peranti supercharger. Namun, Toyota akan melakukan penyempurnaan sehingga tenaga dan torsi yang dihasilkan jauh lebih tinggi.

Sehingga, bila mesin Lexus IS F  saat ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 414 daya kuda (dk), maka tenaga yang dihasilkan oleh Lexus GS F diperkirakan mencapai 550 dk. Begitu pun dengan torsinya, diklaim bakal lebih besar.

Hanya, meski disebut tengah dikembangkan sebagai model 2013 atau yang akan dipasarkan pada 2012, namun Toyota belum memberikan informasi kapan persisnya mobil itu diluncurkan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi