Vettel Raih Pole ke-11 Tahun Ini  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 25 September 2011 00:29 WIB
Sebastian Vettel. AP/Frank Augstein

TEMPO Interaktif, Singapura – Pimpinan klasemen sementara Formula Satu, Sebastian Vettel, meraih pole ke-11 tahun ini setelah mencatat waktu tercepat dalam sesi kualifikasi GP Singapura, Sabtu 24 September 2011. Pembalap Red Bull asal Jerman ini menjadi orang keenam sepanjang sejarah F1 yang pernah meraih posisi start terdepan sebanyak itu dalam satu musim.

Dengan rekor itu Vettel sejajar dengan para pembalap legendaris seperti Ayrton Senna, Alain Prost, Nigel Mansell, Mika Hakkinen, dan Michael Schumacher. Kini ia tengah mengejar rekor 14 pole yang dicatat Mansell pada 1992.

“Rekor Nigel sangat istimewa,” kata Vettel. “Saat itu Nigel menjalani tahun yang luar biasa."

“Kami juga tak tampil buruk tahun ini, tapi salah jika kami mulai memikirkan tentang hal-hal seperti itu (rekor). Kami tak mendapatkan poin dalam sesi kualifikasi, jadi kami hanya memikirkan balapan besok.”

Ini juga merupakan pole ke-26 bagi Vettel sepanjang kariernya yang membuatnya sejajar dengan Hakkinen di peringkat ketujuh dalam daftar peraih pole terbanyak sepanjang masa.

Rekan setimnya, Mark Webber, bakal melakukan start dari posisi kedua dalam balapan di sirkuit jalanan Marina Bay, Minggu 25 September. Sementara duet McLaren, Jenson Button dan Lewis Hamilton, masing-masing menempati posisi start ketiga dan keempat diikuti pasangan Ferrari, Fernando Alonso dan Felipe Massa.

Vettel berpeluang memastikan gelar juaranya dalam balapan ini jika ia unggul 13 poin atas Alonso dan unggul delapan poin atas Webber dan Button.

AP | A. RIJAL

#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi