Ini Superbike Terbaru Ducati  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 26 September 2011 12:53 WIB
Ducati 1199 panigale. motorshout.com

TEMPO Interaktif, Bologna - Setelah beberapa bulan hanya menjadi rumor, produsen sepeda motor premium asal Italia, Ducati, akhirnya memastikan kehadiran generasi terbaru superbike Ducati 1199 Panigale. Rencananya, motor yang mengusung mesin baru Superquadrata 1199 cc itu dipamerkan di pameran motor internasional EICMA Motorcycle Show 2011, 10 November mendatang.

Siaran pers Ducati seperti dilansir bikepoint.com.au, Senin, 26 September 2011, belum menyebut secara rinci spesifikasi motor tersebut. Meski demikian, pabrikan itu memberi ancar-ancar mesin V-twin yang diusung Ducati 1199 anyar itu bertenaga 195-200 daya kuda. “Dengan bobot yang lebih ringan 10 kilogram ketimbang Ducati 1198,” demikian bunyi pernyataan pabrikan itu.

Ubahan lainnya yang cukup kentara adalah knalpot kembar yang ditempatkan di dalam wheelbase atau bagian bawah motor. Selain itu, Ducati 1199 Panigale itu tak lagi menggunakan drivebelt untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, tetapi menggunakan rantai atau chaindrive.

Perubahan juga terlihat pada pelek yang digunakan. Pelek casting wheel dari bahan alloy itu menggunakan tiga palang besar. Uniknya, satu palang utama itu terdiri dari tiga palang kecil sehingga total palang pelek tersebut mencapai sembilan.

Kepastian kehadiran Ducati 1199 Panigale itu menyusul serangkaian uji motor tersebut di Sirkuit Mugello di Italia, beberapa waktu lalu. Dalam pengetesan itu, pembalap Ducati, Troy Bayliss, didapuk sebagai penunggang motor itu.

“Motor ini dikembangkan dengan DNA motor sport sejati untuk laga balap,” ucapnya.

Hanya, baik Bayliss maupun Ducati belum bersedia merinci hasil uji tersebut. Meski demikian, pabrikan itu menjanjikan performa yang luar biasa dari motor yang dilabeli nama unik, Panigale, itu.

Ihwal nama--yang lafal aslinya Pan-ee-gah-le-–ini, Ducati mengaku itu diberikan sebagai penghormatan kepada wilayah tempat Ducati anyar tersebut diproduksi. Panigale merupakan penggalan dari nama kota Borgo Panigale sebuah kota di wilayah Bologna, Italia, tempat pabrik Ducati berada.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi