Pedrosa Juara di GP Jepang, Stoner di Posisi Tiga  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 2 Oktober 2011 17:02 WIB
Dani Pedrosa. AP/Jens Meyer

TEMPO Interaktif, Tokyo - Pembalap Honda asal Australia, Casey Stoner, terpaksa menunda ambisinya menyabet gelar MotoGP keduanya setelah hanya mampu menyelesaikan Grand Prix Jepang di posisi ketiga, Ahad, Oktober 2011. Pembalap Spanyol Dani Pedrosa menjuarai GP Jepang disusul rekan senegaranya, Jorge Lorenzo.

Pedrosa tampil gemilang dengan motor Honda. Ia tak terpengaruh dengan kekacauan yang berada di sekitarnya seperti ketika juara tujuh kali MotoGP yang mengendarai Ducati, Valentino Rossi, tabrakan di putaran kedua di Sirkuit Twin Ring Motegi.

Pedrosa mengemas catatan waktu 42 menit 47,481 detik dalam 24 putaran. Ia terpaut lebih dari tujuh detik dari Lorenzo dan Stoner.

Stoner mengawali balapan di posisi start terdepan atau rekor 10 kali secara beruntun. Akan tetapi, pada putaran keempat, ia mengalami masalah dengan ban depan dan remnya sehingga harus keluar lintasan menuju gravel.

Meski terpaksa berada di posisi ketujuh akibat kejadian itu, Stoner mampu bangkit. Juara Dunia 2007 tersebut akhirnya menduduki posisi ketiga. Namun kini Stoner terpaut 40 poin dari Lorenzo yang mengendarai Yamaha di klasemen sementara.

Balapan berikutnya bakal digelar di Phillip Island, yang merupakan markas Stoner, pada 16 Oktober 2011.

“Kami tampil percaya diri, motornya terasa bagus,” ujar Stoner yang menang empat balapan dari lima balapan sebelumnya. “Lalu, saya menghantam sesuatu dan membuat genggaman tangan saya goyah. Ketika saya menekan rem, tidak ada pengaruh. Saya sedikit kecewa. Tetapi saya senang dengan cara saya bangkit.”

Sementara Pedrosa mengatakan, “Itu sedikit aneh. Casey melakukan kesalahan sehingga saya mendapat jalan. Jorge menempel ketat, tetapi saya puas bisa menang untuk pertama kali di sini, di MotoGP dan untuk Honda.”

REUTERS | KODRAT

#MotoGP

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi