Vettel Raih Pole di GP Jepang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 8 Oktober 2011 23:25 WIB
Sebastian Vettel. AP/Frank Augstein

TEMPO Interaktif, Suzuka, Jepang – Pimpinan klasemen sementara Formula Satu, Sebastian Vettel, berpeluang besar meraih kemenangan ke-10 musim ini setelah memastikan posisi start terdepan dalam GP Jepang yang akan digelar, Minggu (9/10).

Pembalap Red Bull asal Jerman ini memcatat waktu tercepat 1 menit 30,466 detik dalam sesi kualifikasi, Sabtu (8/10), mengungguli dua pembalap McLaren, Jenson Button dan Lewis Hamilton, yang masing-masing akan menempat posisi start kedua dan ketiga.

Ini pole ke-12 yang diraih Vettel musim ini sekaligus pole ke-27 sepanjang kariernya. Sukses pembalap berusia 24 tahun ini juga mempertahankan rekor sempurna Red Bull di sesi kualifikasi sepanjang 2011 dengan 15 pole dalam 15 balapan

Vettel sendiri hanya butuh satu poin lagi atau finis di posisi ke-10 dalam GP Jepang ini untuk menjadi pembalap termuda yang memenangi dua gelar juara dunia secara beruntun. Ia juga akan memastikan gelar juara jika Button tak memenangi balapan Minggu ini.

“Ini sesi kualifikasi yang hebat bagi kami,” kata Vettel. “Saya keluar dari trek (dalam sesi latihan) kemarin dan merusak sayap mobil saya dan itu menggangu kami, tapi kami berhasil memaksimalkan segalanya dari mobil kami hari ini.”

Meski dirinya hampir pasti merebut gelar juara Minggu ini, Vettel tak mau memandang terlalu jauh ke depan.

“Apa pun yang anda pikirkan apakah kami akan memastikan gelar juara besok atau tidak, kami harus tetap bertarung dan fokus untuk menjalani balapan yang bagus,” kilah Vettel.

AP | A. RIJAL

#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi