Ini Dia Versi Terbaru Kawasaki ZX-14R  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 12 Oktober 2011 10:30 WIB
Kawasaki ZX-14R 2012 (motorcycle.com)

TEMPO Interaktif, Tokyo - Kawasaki Motor pada bulan ini menggelontorkan beberapa motor anyar--termasuk versi penyegaran dari model yang sudah ada--ke pasar sepeda motor global. Di antara model itu adalah Kawasaki Ninja 650R atau juga dikenal dengan nama Kawasaki ER-6f dan hyperbike Kawasaki ZX-14R versi terbaru.

Seperti dilansir indiancarbikes.in dan ultimatemotorcycling.com, Rabu, 12 Oktober 2011, Kawasaksi mengaku telah melakukan serangkaian ubahan pada tampang dan jeroan motor besar itu. "Tampilan depan, lampu depan dan belakang, jok, hingga garis-garis grafis di tubuh motor itu kini berubah," demikian pernyataan pabrikan tersebut.

Namun perubahan yang terbesar justru ada di bagian mesin dan komponen pendukungnya. Bila sebelumnya mesin yang diusung hanya 1.352 cc, kini menjadi 1.441 cc.

"Penambahan kapasitas mesin juga diiringi dengan penambahan KTRC Traction Control System dan slipper cluth," terang pernyataan Kawasaki.

Menariknya, peranti kontrol traksi itu menyuguhkan tiga model traksi. Ketiganya adalah full, medium, dan low.

Kawasaki juga menyebut telah menyempurnakan bentuk ruang pembakaran mesin. Begitu pun dengan piston dan pompa pelumas yang terletak di bagian bawah masing-masing piston.

Serangkaian ubahan itu telah meningkatkan rasio kompresi mesin menjadi 12,3 : 1. Hasilnya, proses pembakaran berlangsung lebih sempurna dan tenaga pun diklaim meningkat.

Hanya, pabrikan ini tak memerinci besaran kenaikan tenaga mesin empat tak DOHC berpendingin cairan itu. Namun yang pasti, Kawasaki mengaku tenaga tersebut lebih besar ketimbang generasi lawas yang bertenaga 200 daya kuda dan mampu melesat hingga 300 kilometer per jam.

Motor yang disebut sebagai pesaing Suzuki Hayabusa itu ditawarkan dalam tiga varian warna, yaitu metallic spark black, candy surf blue, dan SE golden blade green. Motor ini dibanderol US$ 14.699-14.899 atau sekitar Rp 131,7-133 juta (kurs US$ 1 = Rp 8.960).

ARIF ARIANTO

#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi