Roadster Tua Tak Bertuan Ini Laku Rp 4,98 Miliar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 16 Oktober 2011 21:32 WIB
Mercedes Benz 300 SL

TEMPO Interaktif, Piraeus - Sebuah Roadster Mercedes Benz SL300 buatan 1960 di Piraeus, Yunani, yang diambil alih kepemilikannya oleh pemerintah kota setempat laku terjual 405 ribu Euro atau sekitar Rp 4,98 miliar (kurs 1 Euro = Rp 12.299). Pembeli mobil adalah seorang kolektor asal Jerman, Rajna Hildebrandt.

Seperti dilansir highoctane.gr dan autoevolution.com, Ahad, 16 Oktober 2011, mobil itu pada awalnya milik Kriton Dilaveri. Namun, pada saat dia meninggal pada 1970, mobil tersebut terparkir di taman kota dan tak ada yang mengurus atau tak bertuan.

“Lantaran itulah, pemerintah kota setempat mengambil alihnya. Rencananya, hasil lelang itu digunakan untuk perawatan taman kota sebagai sumbangan dari Dilaveri,” demikian bunyi laporan itu.

Hanya, meski telah diambil alih pemerintah, nasib mobil tak berubah. Selama 37 tahun mobil itu mangkrak di tempat parkir mobil milik pemerintah dan hanya diselimuti debu.

Meski mesin dan bodinya masih utuh, beberapa komponen interiornya telah berantakan, dan lampu utama bagian kanan telah pecah. Sedangkan selama digunakan oleh Dilaveri pada 1960 – 1974, mobil itu telah menempuh jarak 97.172 kilometer.

“Setelah diambil alih oleh pemerintah, mobil itu dilelang dan dibeli oleh Rajna Hildebrandt dengan harga 405 ribu Euro (sekitar Rp 4,98 miliar),” demikian laporan itu menyebut.

Kini, setelah menjadi hak miliknya, Hildebrandt ingin mengembalikan tampilan dan cat seperti kondisi aslinya, kinclong. Pasalnya, kehadiran roadster lawas itu telah melengkapi dua mobil Mercedes Benz lawas koleksinya, roadster standar dan 300SL Gullwing.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi