Mesin Terbakar, 36 Ribu MINI Cooper S Diselidiki
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 17 Oktober 2011 11:25 WIB
MINI Cooper S di Indonesia International Motor Show 2011. (Dok. MINI)

TEMPO Interaktif, Washington - Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat akhir pekan lalu mengumumkan tengah menyelidiki 36 ribu unit mobil mungil MINI Cooper S model 2007- 008. Sejumlah pemilik mobil melapor mobil mungil itu mengalami kebakaran pada mesin.

Seperti dilansir detroitnews.com, Senin, 17 Oktober 2011, pengumuman dari NHTSA yang di-posting di situs resmi lembaga itu, Sabtu 15 Oktober, menyebut penyelidikan itu dilakukan setelah pihaknya menerima 12 keluhan dari pemilik mobil. "Termasuk lima kejadian kebakaran yang mengakibatkan musnahnya mobil," demikian bunyi pernyataan itu.

Anehnya delapan dari 12 keluhan itu menyebut pada saat kebakaran terjadi kunci mobil berada pada posisi off. Pengumuman NHTSA itu juga menyebut tren jumlah keluhan pada tahun ini meningkat dibanding tahun lalu.

Namun tidak ada laporan yang menyebut telah terjadi kecelakaan atau korban luka akibat permasalahan itu. Meski demikian NHTSA telah mengkaji laporan lapangan sebagai bagian dari data awal.

Lembaga itu juga telah melakukan evaluasi awal untuk menilai penyebab, lingkup, dan frekuensi cacat di bagian yang ditengarai sebagai sumber masalah. Berbagai data itulah yang digunakan untuk penyelidikan.

Semua mobil yang diselidiki tersebut dijual di Amerika Serikat dan terdiri dari tiga varian. Ketiganya adalah Mini Cooper S model 2007, Mini Cooper S Convertible 2007, dan Mini Clubman Edition 2008.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi