Valentino Rossi Sebut Sirkuit Sepang Berbahaya
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 23 Oktober 2011 17:47 WIB
Pembalap Honda MotoGP Marco Simoncelli (kiri) tergeletak saat kecelakaan yang melibatkan pembalap Yamaha Colin Edwards dari AS (tengah) dan pembalap Ducati Valentino Rossi (kanan) di MotoGP Malaysia, Sepang (23/10). REUTERS/ Dorna via Reuters TV

TEMPO Interaktif, JSepang - Sebelum menelan korban jiwa Marco Simoncelli, pembalap MotoGP Valentino Rossi sebenarnya sudah mengeluhkan sirkuit Sepang. Ia menyebut kondisi trek Sepang kali ini lebih berbahaya dibandingkan tahun lalu.

"Kondisi trek sangat berbeda, bahkan lebih buruk, dibandingkan saat kami melakukan uji coba pada musim dingin lalu," kata Rossi, Jumat lalu.

Saat menempati posisi ke-10 dan 13 di sesi I dan II pada latihan bebas Jumat kemarin, Rossi mengeluhkan buruknya lintasan sehingga mempengaruhi performa motor Ducati yang ia tunggangi.

"Aspal terasa sangat licin," ucapnya. "Saya pun tak bisa cepat di tikungan."

Dalam kecelakaan mengerikan di Sirkuit Sepang, Minggu sore (23 Oktober 2011), Simoncelli tampak kehilangan kendali motornya di tikungan ke-11 pada lap kedua. Sebelum memasuki tikungan itu, ia sempat menyeimbangkan posisi. Tapi begitu memasuki tikungan, motornya oleng. Motor Honda tunggangannya pun bertabrakan dengan Colin Edwards dan Valentino Rossi. Ia terlempar dengan tanpa helm.

Simoncelli adalah pembalap MotoGP kedua yang meninggal di lintasan sirkuit. Sebelumnya pembalap Daijiro Kato meninggal di GP Jepang pada 2003. Tahun lalu, pembalap Shoya Tomizawa juga wafat di Moto2 Republik San Marino.

AP | Autosport | MotoGP.com | YR

#MotoGP

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi