Sedan Takeri, Konsep Terbaru dari Mazda
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 25 Oktober 2011 13:06 WIB
themotorreport.com.au

TEMPO Interaktif, Hiroshima - Mazda Motor Corporation (Mazda) menyiapkan sedan medium anyar. Kini, sedan empat pintu itu baru berupa konsep bernama Mazda Takeri dan akan diperkenalkan ke publik pada 3–11 Desember mendatang di gelaran Tokyo Motor Show 2011.

“Mazda telah mengkonfirmasi bahwa saloon itu mengikuti filosofi desain Kodo Soul of Motion,” demikian laman themotorreport.com.au dan whatcar.com menulis, Selasa, 25 Oktober 2011.

Tapi Mazda belum merinci spesifikasi mobil yang disebut sebagai generasi baru Mazda 6 itu secara resmi. Beberapa sumber yang terlibat dalam proses penggarapan sedan itu menyebut, Mazda bakal melengkapinya dengan teknologi pengereman regeneratif untuk mendaur ulang tenaga kinetik.

Bobot Takeri lebih ringan dibanding mobil sejenisnya karena Mazda menggunakan baja yang ringan, namun kuat atau high tensile steel. Baja itu juga digunakan oleh SUV Mazda CX-5 baru. “Penggunaan baja jenis itu di Mazda CX-5 mampu memangkas bobot hingga 8 persen dan lebih kuat 30 persen,” aku sumber itu.

Mazda juga menekankan aspek aerodinamika di desain bodi mobil tersebut. Selain meningkatkan  keiritan konsumsi bahan bakar, semua karakter itu juga menjadikan pengendalian mobil lebih mudah. Terlebih, Mazda juga menggunakan teknologi SkyActive sehingga rasio kompresi bahan tinggi.

Beberapa sumber menyebut, mobil itu mulai diproduksi akhir 2012 atau awal 2013.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi