Mesin Terbakar, Puluhan Ribu Mobil BMW Ditarik  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 30 Oktober 2011 14:19 WIB
TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO Interaktif,Washington - Produsen mobil Bayerische Motoren Werke (BMW) AG, Sabtu, 29 Oktober 2011, menyatakan akan menarik 32 ribu unit mobil besutannya. Pompa air pendingin turbocharger mobil itu rusak, sehingga turbocharger mengalami overheat dan mesin terbakar.

Mobil yang ditarik terdiri dari BMW Seri 5,BMW Seri 5 Gran Turismo, BMW Seri 7, BMW X5, serta BMW X6 model 2008-2011. “Semua mobil yang ditarik itu menggunakan mesin delapan dan 12 silinder serta dilengkapi peranti turbocharger,” demikian pernyataan BMW seperti dilansir detroitnews.com, Ahad, 30 Oktober 2011.

Penarikan itu dilakukan setelah BMW menerima 102 laporan dari berbagai belahan dunia yang menyebut pompa air turbocharger bermasalah. Beberapa di antara laporan itu menyebut akibat masalah itu mesin mobil terbakar.

Sejatinya pembuat mobil asal Jerman ini telah menemukan masalah tersebut pada Juni 2009. Saat itu sebuah mobil BMW yang tengah diuji menunjukkan sinyalemen masalah di pompa air tersebut.

Sepuluh bulan kemudian atau tepatnya pada April 2010 petugas pabrikan itu mendapati kabel pompa air turbocharger di mobil milik BMW membara. Pada saat bersamaan BMW menerima dua keluhan dari pemilik mobil yang menyebut mesin mobilnya terbakar karena masalah yang sama.

Tak ingin masalah itu berlarut-larut, sebulan setelah kejadian itu atau Mei 2010 BMW membentuk satuan tugas guna menyelidiki masalah tersebut. Hasil penyelidikan itu antara lain menyimpulkan perlunya menarik mobil dan segera melakukan perbaikan.

Para pemilik mobil akan diberi tahu mulai pekan pertama November. Mereka diminta mendatangi dealer untuk mendapatkan layanan penggantian pompa air turbocharger mobilnya.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi