Jenson Button Penyebab Lewis Hamilton Tertekan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 1 November 2011 11:06 WIB
Lewis Hamilton. REUTERS/Aly Song

TEMPO Interaktif, London - Bos McLaren, Martin Whitmarsh, mengatakan salah satu faktor penyebab kecelakaan yang kerap dialami pembalap Lewis Hamilton adalah penampilan cemerlang rekan satu tim, Jenson Button. "Lewis tentu tidak suka dikalahkan Jenson," kata Whitmarsh. "Setiap pembalap tentu ingin mengalahkan rekan satu timnya."

Juara dunia 2008 Hamilton hanya menempati urutan ke-7 pada seri balap di sirkuit internasional Buddh pada akhir pekan lalu. Padahal dia start pada posisi kelima setelah terkena penalti diturunkan tiga peringkat start akibat pelanggaran yang dibuatnya saat sesi prakualifikasi sehari sebelumnya.

Pada putaran ke-24 pembalap McLaren-Mercedes Hamilton dan pembalap Ferrari Felipe Massa bersenggolan. Akibatnya kedua pembalap harus masuk pit stop. Massa dikenai sanksi oleh petugas karena dianggap bersalah menghalang-halangi laju mobil Hamilton. Ini merupakan senggolan keenam bagi kedua pembalap pada musim ini. Massa gagal melanjutkan lomba.

"Dari dulu dia memang selalu keras pada dirinya sendiri, sejak balapan mobil kart," kata Whitmarsh. Pada balapan pekan lalu itu rekan satu tim Hamilton, Button, berhasil mecapai posisi runner-up dan menempati posisi kedua di klasemen Formula 1.

Button merupakan juara dunia 2009. Pada musim ini dia telah memenangi tiga lomba dan naik podium sepuluh kali. Sementara Hamilton telah memenangi dua lomba, disamping terkena enam kali penalti.

Whitmarsh melanjutkan, "Saya ingin dia bisa mengalahkan Jenson, seperti halnya saya juga ingin Jenson mengalahkannya." Kondisi serupa, menurut dia, juga terjadi di tim Ferrari. Massa, yang merasa sebagai pembalap nomor dua, merasa tertekan oleh Fernando Alonso. "Itulah penyebab reaksi-reaksi dari Massa yang muncul ke permukaan."

BBC I BUDI RIZA

#F1
#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi