Lima Mobil MPV Teraman 2011 Versi IIHS  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 3 November 2011 16:54 WIB
Mobil teraman versi IIHS. (Autoevolution.com)

TEMPO Interaktif, Detroit - Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya (IIHS) Amerika Serikat beberapa waktu lalu menguji tingkat keamanan sejumlah mobil minivan atau Multi Purpose Vehicle (MPV). Hasilnya terdapat lima mobil yang terbukti sebagai mobil teraman.

Seperti dilansir automotivenews.com dan autoevolution.com, Kamis, 3 November 2011, pernyataan IIHS menyebut kelima mobil MPV paling aman itu adalah Chrysler Town & Country, Dodge Grand Caravan, Volkswagen Routan, Honda Odyssey, dan Toyota Sienna.

Hanya, tak semua mobil yang diuji lolos karena hanya mendapat nilai rendah. Dua di antara mobil yang masuk kelompok ini adalah KIA Sedona dan Nissan Quest. Sedona gagal meraih nilai tinggi, adapun Quest hanya menapak tingkat kurang memuaskan.

"Faktor keselamatan menjadi acuan utama kami dalam melakukan tes. Metode uji tabrak-terguling penting karena postur bodi minivan yang tinggi," kata David Zuby, Kepala Penelitian Insurance Intitute.

Semua mobil yang dites menjalani serangkaian uji tabrak dan simulasi mobil terguling. Uji tabrak meliputi tabrak dari depan, samping, dan belakang. Uji ini untuk mengetahui seberapa besar kekuatan mobil dalam melindungi pengemudi dan penumpang kala terjadi benturan keras akibat tabrakan.

Adapun simulasi mobil terguling untuk mengetahui kekuatan atap agar seisi mobil terlindungi saat kendaraan itu terguling. Pasalnya, risiko yang terjadi saat mobil terguling cukup fatal bagi keselamatan jiwa seisi mobil.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi