Saingi VW Beetle, Citroen Produksi Versi Baru 2CV  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 4 November 2011 13:18 WIB
carandsuv.co.nz

TEMPO Interaktif, Paris - Tak mau kalah dengan Fiat yang kembali memproduksi mobil lawas besutannya, Fiat 500 Bambina, dan Volkswagen (VW) AG yang menyodorkan hatchback legendarisnya, VW Beetle, Citroen akan kembali memproduksi Citroen 2CV. Kabarnya pabrikan asal Prancis itu akan mengungkapkan jati diri versi baru Citroen 2CV itu pada 2012.

“Bila mobil yang dinamai 3CV itu jadi diproduksi, platform-nya menggunakan PF1 sama seperti yang digunakan Peugeot 207, Citroen DS3, serta Citroen C3. Tapi dimensinya akan lebih kecil dari C3,” ujar  sumber di Citroen seperti dilansir carandsuv.com, Jumat, 4 November 2011.

Hanya, hingga kini masih belum ada informasi tentang mesin yang akan diusung Citroen 3CV tersebut. Begitu pula dengan perincian fitur pendukungnya.

Citroen 2CV diproduksi mulai 1948 hingga 1990. Selama 42 tahun, mobil itu telah diproduksi hingga 8.756.688 unit dan dipasarkan ke seantero dunia. Jumlah tersebut juga termasuk 2CV yang berwujud van serta pikap.

Menariknya, kendati diproduksi dalam empat dekade lebih, mobil tersebut hanya sedikit mengalami perubahan desain. Mobil ini pada zamannya dikenal sebagai mobil murah dan irit bahan bakar.

Mesin yang diusungnya beragam, dengan kapasitas yang relatif kecil, yaitu mulai 375-602 cc dengan tenaga mulai dari 19-33 daya kuda. Tak mengherankan bila konsumsi bahan bakar (BBM) sangat irit. Varian dengan mesin terbesar, misalnya, hanya mengkonsumsi 3 liter BBM untuk jarak 100 kilometer.

Mesin tersebut dirancang Walter Becchia dan Lucien Gerard. Keduanya terinspirasi mesin milik sepeda motor klasik BMW, Flaminio Bertoni.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi