Chrysler Tarik Ribuan Jeep Wrangler
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 6 November 2011 17:39 WIB
theweeklydriver.com/Jim Frenak

TEMPO Interaktif, Washington - Chrysler LLC, produsen mobil Jeep, Sabtu, 5 November 2011, menyatakan akan menarik 5.334 unit Jeep Wrangler model 2008–2012 atau model yang dibuat 2007–2011. Alasan penarikan karena peranti air bag mobil tersebut bermasalah.

“Perangkat clockspring pada air bag itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga peranti pelindung tersebut gagal berfungsi,” demikian pernyataan Chrysler kepada Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA), seperti dilansir detroitnews.com, Ahad, 6 November 2011.

Tak hanya itu, akibat clockspring yang bermasalah tersebut, lampu tanda peringkatan air bag juga terus menyala.

Penarikan ini dilakukan setelah Mei lalu NHTSA melakukan penyelidikan atas laporan dari pemilik kendaraan. Hasilnya, merekomendasikan agar Chrysler menariknya.

Penarikan dilakukan pada bulan ini dan pabrikan itu akan mengganti clockspring yang rusak tersebut. Namun, kata juru bicara Chrysler, hingga saat ini tidak ada laporan tentang kecelakaan atau korban luka akibat masalah itu.

Pada saat yang sama, General Motors (GM) juga mengumumkan penarikan 38.444 unit Pontiac G8 model 2008-2009. Alasannya hampir sama, yaitu modul air bag yang tak sesuai dengan standar keamanan. “Modul air bag harus di-setting ulang karena tidak sesuai dengan standar dari badan keselamatan federal,” ujar juru bicara GM.

Mobil tersebut diproduksi di Australia dan diimpor oleh Kepolisian Amerika Serikat sebagai kendaraan patroli. Seperti halnya juru bicara Chrysler, pejabat GM juga menegaskan tidak ada laporan yang menyebut telah terjadi kecelakaan akibat masalah tersebut.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi