Kawasaki Banderol ER-6n di Kisaran Rp 99 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 23 November 2011 13:20 WIB
totalmotorcycle.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) siap meluncurkan dua motor sport anyar di Tanah Air pada Kamis, 25 November 2011. Keduanya adalah Kawasaki ER-6n dan Kawasaki Ninja 650R.

KMI membanderol Kawasaki ER-6n Rp 99 juta dan untuk Kawasaki Ninja 650R Rp 104 juta. Semua harga tersebut on the road Jakarta. “Besaran harga itu merupakan besaran sementara yang kami tetapkan hingga detik ini,” tutur Reiner Sitorus, Market Service Marketing & Sales Division Head PT KMI, saat dihubungi Tempo, di Jakarta, Rabu, 23 November 2011.

Hanya, Reiner tak bersedia memerinci fitur-fitur yang ada di kedua motor tersebut dibandingkan dengan yang ada di Thailand dan beberapa negara lain. Sumber lain di dealer Kawasaki yang sempat ditemui Tempo menyatakan, Kawasaki Indonesia melakukan beberapa perubahan untuk menekan harga jual di kedua motor tersebut.

“Tidak seperti itu, spesifikasi yang vital semua sama. Selengkapnya nanti saja pas peluncuran,” kata Reiner. Sejatinya antara Kawasaki Ninja 650R atau ER-6f merupakan kembaran dari Kawasaki ER-6n. Perbedaannya hanya pada fairing saja. Kawasaki ER-6n berwujud naked, sedangkan Ninja 650R dilengkapi fairing alias tertutup.

Keduanya mengusung mesin 649 cc, 4 stroke parallel twin silinder DOHC, 8 valve, yang dilengkapi sistem pendingin mesin berupa cairan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 72,1 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi sebesar 64 Newton meter pada 7.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda dengan transmisi enam tingkat kecepatan.

Beberapa sumber yang ditemui Tempo menyebut, saat dilakukan pengujian, motor itu mampu melesat 150-170 kilometer per jam. Sementara, motor yang memiliki tangki bahan bakar berkpasitas 19 liter itu diklaim irit bahan bakar. “Konsumsi BBM-nya hanya 1:18 kilometer, cukup irit untuk sebuah motor gede,” kata dia.

Keunggulan lain yang ditawarkan di kedua motor itu adalah kerangka atau sasis yang kini menggunakan twin spar perimeter baru. Lampu belakang dan knalpot yang digunakan juga menggunakan desain anyar. Kedua motor itu diimpor langsung dari Thailand dalam bentuk utuh atau completely built up (CBU).

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi