Vettel Ukir Rekor 15 Pole dalam Satu Musim  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 27 November 2011 01:26 WIB
Sebastian Vettel. AP/Vincent Thian

TEMPO Interaktif, Sao Paulo – Juara Formula 1 Sebastian Vettel mengukir rekor pole terbanyak dalam semusim dengan meraih posisi start terdepan untuk ke-15 kalinya tahun ini di GP Brasil. Hal itu diraihnya usai mencatat waktu tercepat dalam sesi kualifikasi, Sabtu 26 November 2011. Pembalap Red Bull asal Jerman itu melewati rekor sebelumnya yang dipegang Nigel Mansell selama 19 tahun.

Vettel finis dalam waktu 1 menit 11,918 detik di sirkuit Interlagos sepanjang 4,3 kilometer. Sebelumnya pembalap berusia 24 tahun itu menyamai rekor 14 pole milik Mansell dalam GP Abu Dhabi, dua pekan silam.

“Ini benar-benar istimewa dan berbeda dari pole-pole yang lain,” kata Vettel. “Saya menikmati momen ini. Lebih dari itu, saya sangat senang dengan hari-hari Sabtu saya (sepanjang musim ini)."

“Saya mengerahkan segalanya dalam putaran terakhir. Rasanya sangat emosional saat melintasi garis finis. Hanya itu yang saya miliki. Saya telah mengerahkan semuanya.”

Rekan setim Vettel di Red Bull, Mark Webber, menduduki posisi kedua dengan catatan waktu 1 menit 12,099 detik. Pembalap McLaren, Jenson Button, mengikuti di tempat ketiga dengan 1 menit 12,283 detik, mengungguli rekan setimnya, Lewis Hamilton, dan pembalap Ferrari Fernando Alonso.

Mansell membuat rekor 14 pole bersama tim Williams di musim 1992 yang hanya terdiri dari 16 balapan. Dia memenangi sembilan di antaranya untuk meraih gelar juara F1 satu-satunya. Mansell hanya gagal meraih pole di GP Kanada dan GP Hongaria tahun itu.

Sementara itu Vettel mencatat rekor 15 pole dalam 19 balapan tahun ini. Ia hanya gagal di Spanyol, Inggris, Jerman, dan Korea Selatan. Posisi start terburuknya tahun ini adalah ketika berada tempat ketiga di GP Jerman pada 24 Juli lalu.

Dengan kepastian Vettel sebagai juara dunia tahun ini pada GP Jepang 9 Oktober lalu, balapan di Brasil hanya menjadi ajang perebutan posisi runner-up di antara Button, Alonso, dan Webber. Button unggul 10 poin atas Alonso dan 18 poin atas Webber.

AP | A. RIJAL

 

#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi