Formula1 Akan Kembali ke Amerika Serikat 2012  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 9 Desember 2011 09:45 WIB
themotorreport.com.au

TEMPO Interaktif, Jakarta - Balap mobil tercepat Formula Satu akan kembali ke Amerika Serikat tahun 2012 nanti. Menurut USA Today, Kamis, 8 Desember 2011, Austin dipilih sebagai tempat balapan dengan mengutamakan keindahan pemandangan yang eksotis dan kepopuleran topi koboi.

Rencana balapan yang akan dilangsungkan 18 November 2012 nanti telah disetujui Komite Olahraga Motor Dunia dalam rapatnya di New Delhi, Rabu, 7 Desember 2011. Penyelenggara balapan telah mengikat kontrak selama 10 tahun dengan boss F1 Bernie Ecclestone, mengakhiri perselisihan kontrak yang ditakutkan akan menghentikan balapan dan pembangunan trek baru senilai US$ 300 juta yang masih dibangun.

Pembangunan sirkuit The Americas diberhentikan sementara untuk beberapa minggu selama perselisihan terjadi. Penyelenggara balapan berjanji akan membereskan segera dan menyelesaikannya tepat waktu untuk balapan. Balapan di Austin akan menjadi balapan F1 pertama di Amerika Serikat sejak 2007 terakhir.

"Sekarang saat untuk mewujudkannya," ujar Steve Sexton, Presiden Circuit of the Americas. "Kami tidak pernah kehabisan bensin. Kami hanya bergerak pelan dan menginjak rem sedikit, tapi sekarang kami dalam kecepatan penuh."

Jalur F1 di Amerika akan bertambah di 2013. Pertama kalinya dalam kontrak 10 tahun itu balapan akan melalui trek di New Jersey sepanjang Sungai Hudson River yang melintasi Manhattan. Detail dari balapan di Texas sendiri belum dirilis. Namun, diketahui dukungan dana didapatkan dari pebisnis multijutawan Red McCombs, salah satu rekanan pendiri Circuit of The Americas.

"Ecclestone sudah menerima bayarannya hari ini," ujar McCombs dalam pernyataannya."Kami ingin berterima kasih kepada penggemar atas dukungannya kepada kami, kantor perwakilan lokal dan bisnis yang telah mendorong kami, negara bagian Texas dan staff Circuit of The America dan Bernie sendiri."

Austin sendiri sebenarnya bukan tujuan yang menarik bagi Grand Prix dibandingkan tempat lainnya seperti Shanghai, Monte Carlo dan Budapest. Tetapi dengan populasi sekitar 1,7 juta, Austin bisa ditempuh dengan 3 jam perjalanan darat dari Dallas, Houston, dan San Antonio. Sebelumnya Formula 1 Amerika pernah diselenggarakan di Indianapolis Motor Speedway dengan bentuk trek bulat. Balapan lainnya juga pernah diselanggarakan di Long Beach, Las Vegas, Detroit, Dallas, Phoenix dan kota lainnya seperti Watkins Glen, N.Y., yang pernah menjadi tuan rumah Grand Prix dari 1961-1980.

DEWI RETNO

#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi