Pasar Mobil Mewah Di Cina Terus Melesat
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 25 Desember 2011 18:52 WIB
Produsen mobil mewah asal Jerman BMW memamerkan produk terbaru mereka BMW 650i convertible, dalam pameran mobil internasional di Detroit, Amerika Serikat (11/1). REUTERS/Mark Blinch

TEMPO.CO, Shanghai -Pasar mobil mewah di Cina terus naik setiap tahun. Negeri Tirai Bambu ini telah merebut posisi Jerman sebagai pasar mobil mewah terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Kesimpulan ini didapat berdasarkan riset yang dilakukan LMC Automotive.

Penjualan mobil mewah di Cina melonjak 39 persen ke angka 939.000 di tahun 2011. Angka ini mengalahkan Jerman, yang tahun ini menjual 914.000 mobil mewah. Diperkirakan, penjualan mobil di Cina secara keseluruhan akan naik 16 persen tahun depan sedangkan penjualan mobil di Jerman hanya akan naik sebesar 4,4 persen.

Mobil-mobil yang menuai panen besar di Cina antara lain Audi, BMW, dan Mercedes-Benz. Penjualan akan terus naik mengingat pasar di Eropa dan Amerika Serikat melemah akibat krisis.

Audi, yang menempati posisi puncak penjualan terbesar di Cina, membutuhkan Pasar Cina untuk mengalahkan BMW di tahun 2015 sebagai pabrikan mobil mewah terbesar di dunia. Penjualan Audi di Cina November ini melonjak 69 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Sedangkan penjualan Mercedes-Benz melningkat sebesar 24 persen dan BMW 9,8 persen. 

CEO Brilliance China Automotive Holdings Ltd (pemegang merek BMW di Cina), Olaf Kastner, yakin tahun depan segmen mobil mewah di Cina akan tumbuh lebih besar daripada segmen menengah, sebagaimana dilansir automotivenews.

GADI MAKITAN | EGMCARTECH | AUTOMOTIVENEWS

#Penjualan Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi