Ngebut dengan Mobil Balap Formula di Jalan Raya
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 5 Februari 2012 05:20 WIB
Perusahaan Inggris Stratton Motor Company telah menciptakan sedan balap formula yang bisa dipakai di jalan raya, Caparo T1. (Antara)

TEMPO.CO, London - Ingin merasakan hebatnya mobil balap formula? Gampang. Anda pun tak perlu mengendarai di sirkuit balap. Anda bisa menjajalnya mengebut di jalan raya.

Stratton Motor Company telah menciptakan sedan balap formula yang bisa dipakai di jalan raya. Kendaraan ini paling cepat akselerasinya, 0-100 kilometer/jam cuma perlu waktu 2,5 detik. Kendaraan kelas formula ini bernama Caparo T1 dan punya kelebihan, yaitu ada STNK-nya, jadi bisa untuk digunakan di jalan biasa.

Stratton Motor Company di Norwich, Inggris, itu mencapai 280 ribu pound, sekitar dua kali harga Ferrari California. Itupun harga bekas dari Caparo T1 buatan tahun 2008 yang sudah menempuh 1.242 mil.

Mobil ini punya dua tempat duduk berdampingan tapi tanpa pintu dan kaca depan. Lampu depan ada di spakbor roda. Kendaraan itu hanya ada 16 unit di Inggris dan 12 di antaranya punya STNK sebagai kendaraan di jalan raya, sisanya hanya bisa digunakan di lintasan balap.

Kecepatan maksimumnya 200 mil/jam dan rem canggihnya bisa total menghentikan laju 100mil/jam dalam waktu 3 detik. Berat Caparo T1 hanya 550 kilogram, lebih ringan dari mobil mungin Smart.

Mesinnya berkonfigurasi V8 yang menyemburkan 575 tenaga kuda. Rasio tenaga dan beratnya sama dengan dua kali milik Bugatti Veyron.

BS | ANT

Berita Terpopuler LainnyaFoto Pertama smart fortwo Facelift II BeredarJeep Grand Cherokee SRT8 Bergaya Ferrari Jeep Grand Cherokee SRT8 Bergaya Ferrari Rumor Gunung Piramida Sadahurip Libatkan Istana Jadi Tersangka, Angie Batalkan UmrahMurid Korban Pemerkosaan Dicekoki 20 Pil Dextro

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi