Spirit R, Seri Terakhir Mazda RX 8 di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 15 Februari 2012 17:57 WIB
Mazda RX-8 Spirit R bermesin rotary berkapasitas 654 cc dengan transmisi otomatis 6-percepatan. TEMPO/Amston Probel

TEMPO.CO, Jakarta - PT Mazda Motor Indonesia meluncurkan Mazda RX-8 Spirit R. Varian ini menjadi generasi terakhir RX 8 di Indonesia karena produksinya dihentikan mulai Juli mendatang.

Menurut Presiden Direktur Mazda Motor Indonesia Keizo Okue, RX 8 Spirit R menyasar pasar kolektor. Varian yang bakal jadi langka ini memiliki keunggulan berupa mesin rotary engine.

Rotary memiliki sejarah manis sebagai satu-satunya mesin yang lolos uji ketahanan 24 jam pada 1991 di Le Mans, Prancis, dengan mengalahkan Mercedes. "Ke depan, kami terus mengembangkan inovasi rotary engine sekalipun RX-8 berhenti berproduksi," katanya di Central Park, Rabu, 15 Februari 2012.

Okue mangatakan peluncuran Spirit R ini adalah bentuk apresiasi pada RX-8 yang selama ini menjadi menjadi ikon Mazda. Spirit R akan menjadi koleksi terakhir penggemar seri RX-8.

Astrid Ariani, Marketing Manager Mazda Motor Indonesia, mengatakan RX-8 Spirit R akan diimpor dalam bentuk utuh (Completely Built Up/ CBU) dari Jepang. Target penjualan sedan sport ini tak banyak, hanya lima unit setiap bulan. "Hanya 0,5 persen dari target penjualan Mazda sebanyak 12 ribu unit." ujarnya.

Mazda RX-8 Spirit R merupakan versi facelift dari edisi sebelumnya. Modifikasi yang paling kentara ialah pelek warna hitam yang membuat logo Mazda di pusat roda menonjol. Opsi warna yang ditawarkan adalah aluminium metallic, sparkling black mica, dan crystal white pearl mica.

Spirit R yang dibanderol Rp 682 juta ini akan meramaikan segmen mobil sport. Mobil ini akan bersaing dengan varian koleksi lainnya, semisal BMW M4 dan Mitsubishi Evo Lancer.

GADI MAKITAN 

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi